Jakarta (ANTARA) - Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, Selasa, mencatat kenaikan jumlah pemilir (pemudik arus balik) yang kembali ke DKI Jakarta pada H+2 dibandingkan pada H+1 Lebaran 2023 atau Senin (24/4).

Berdasarkan data rekapitulasi kegiatan harian angkutan Lebaran 2023 Terminal Bus Kalideres pada Selasa sampai dengan pukul 19.00 WIB, total pemilir yang tiba berjumlah 1.015 penumpang.

Kenaikan yang sama juga terjadi terhadap jumlah angkutan bus, di mana sampai dengan pukul 19.00 WIB tercatat 109 bus tiba di Terminal Kalideres.

“Sampai shift dua (pukul 19.00 WIB),” kata Wakil Kepala Terminal Bus Kalideres Gathut Hendro Wahyono kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Bila dibandingkan pada H+1 Lebaran 2023 atau Senin (24/4), jumlah pemilir yang tiba di Terminal Kalideres hingga pukul 19.00 WIB tercatat berjumlah 504 penumpang, dengan total angkutan yang tiba berjumlah 85 bus.

Berdasarkan data yang diterima pula sampai dengan Selasa pukul 19.00 WIB, tercatat enam pengemudi menjalani pemeriksaan laik mengemudi. Sementara itu, tercatat 12 bus di Terminal Bus Kalideres menjalani pemeriksaan ramp check.

Hendro mengatakan guna mengantisipasi puncak arus milir, pihaknya mengutamakan kenyamanan dan keamanan bagi para pemilir yang baru tiba di Terminal Kalideres

“Dengan menyiapkan ruang tunggu, pos terpadu, serta pelayanan kesehatan 24 jam (dari) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta,” ujarnya.

Adapun untuk mengantisipasi keamanan bagi para pemilir yang tiba di Terminal Kalideres, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pihak yakni Polsek Kalideres, Polres Jakarta Barat, Polda Metro Jaya, Koramil Kalideres, Kodim, hingga Satpol PP.

Baca juga: Terminal Kalideres terima 504 pemilir H+1 Lebaran
Baca juga: Posyan Lebaran 2023 Terminal Kalideres siagakan 47 personel gabungan

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023