"Jepang juga akan terus berperan dalam menjaga stabilitas."
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui percakapan telepon mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri (PM) Jepang yang baru saja dilantik,  Shinzo Abe.

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, di Ruang Wartawan Istana Kepresidenan, Jakarta, mengatakan bahwa Presiden Yudhoyono secara khusus menelpon PM Shinzo Abe pada Jumat sekira pukul 14.30 WIB selama 15 menit.

Sebelumnya, Kepala Negara telah mengirimkan ucapan selamat secara tertulis.

"Bapak Presiden baru saja menelpon Perdana Menteri Shinzo Abe untuk menyampaikan selamat atas pelantikan yang bersangkutan sebagai Perdana Menteri Jepang untuk yang kedua kalinya," kata Faizasyah.

Shinzo Abe dari Partai Demokratik Liberal (LDP) dilantik sebagai PM Jepang pada Rabu (26/12) menggantikan Yoshihiko Noda dari Partai Demokratik Jepang.

Abe pernah menduduki jabatan yang sama periode 2006 hingga 2007.

Dalam percakapan tersebut, menurut Faizasyah, Presiden Yudhoyono juga mengungkapkan keyakinannya bahwa di bawah kepemimpinan PM Abe untuk kedua kalinya ini, maka Jepang akan lebih maju.

"Jepang juga akan terus berperan dalam menjaga stabilitas dan kemakmuran di kawasan, apakah itu untuk kawasan Asia, Pasifik, maupun secara global," katanya

Presiden Yudhoyono dalam pembicaran tersebut juga mengundang PM Abe untuk melakukan kunjungan ke Indonesia.

Menanggapi ucapan selamat dari Presiden Yudhoyono, Faizasyah menyatakan, PM Abe menyampaikan komitmennya untuk terus memajukan hubungan bilateral di berbagai bidang, terutama dengan berpegang pada komitmen kemitraan strategis yang telah ditandatangani saat pemerintahan Abe di periode pertama.

"Lebih lanjut lagi akan ditugaskan menteri-menteri terkait untuk melakukan interaksi lebih banyak lagi, sehingga kerjasama lebih terstruktur dan mencatat kemajuan yang berarti," demikian Teuku Faizasyah.
(T.M041)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012