Jakarta (ANTARA) - Aktor asal Amerika Harrison Ford yang memerankan karakter Indiana Jones akan tampil dalam wujud kembali muda dalam adegan pembuka berdurasi total 25 menit di film "Indiana Jones and The Dial of Destiny".

Ford yang kini berusia 80 tahun, akan tampil dalam sosok Indy muda berusia 35 tahun lewat teknologi de-aging yang sesuai gambaran ketika dirinya tampil di film "Raiders of the Lost Ark" tahun 1982, ujar sutradara film James Mangold dikutip Variety, Selasa (25/4).

Sebelumnya, tim film mengungkapkan informasi bahwa mereka telah menerapkan teknologi visual efek terbaru untuk mengembalikan usia Ford dan kini para penggemar mengetahui bahwa teknik tersebut dimanfaatkan untuk adegan utuh yang panjang, bukan sekadar scene kilas balik sederhana.

Baca juga: Harrison Ford tidak akan terlibat dalam serial TV "Indiana Jones"

Sutradara Mangold memuji Ford sebagai aktor yang sangat berbakat dan gesit, sehingga memudahkan sang aktor untuk berpura-pura berusia 35 tahun saat syuting adegan di film tersebut. Mangold juga bersyukur mendapatkan dukungan teknologi yang mumpuni.

"Penggunaan teknologi adalah hal lain. Kami memiliki ratusan jam potongan adegan dalam ukuran close-up, medium, dan wide dalam setiap jenis pencahayaan, siang dan malam," jelasnya.

Film "Indiana Jones and the Dial of Destiny" mengambil latar tahun 1969 dan berkisah soal upaya Indiana Jones menggagalkan munculnya kembali Nazisme. Adegan pembuka berlatar tahun 1944 dengan menghadirkan penyesuaian wajah Indy yang berusia lebih muda.

"Saya berusaha fokus untuk membuat adegan pembuka nan mengagumkan selama 25 menit untuk memberikan sosok yang benar-benar utuh kepada para penonton telah begitu rindu. Karena ketika latar film berada pada tahun 1969, maka harus ada beberapa penyesuaian dengan masa yang berbeda sebelumnya," imbuhnya.

Baca juga: "Indiana Jones 5" dikonfirmasi akan tayang perdana di Festival Cannes

Dalam sebuah wawancara dengan Empire sebelumnya, aktor Harrison Ford sempat mengaku merinding melihat dirinya kembali muda dalam film tersebut. Ia juga menegaskan bahwa "Indiana Jones 5" tersebut akan menjadi film terakhirnya memerankan karakter sang petualang bertopi koboi dan bersenjatakan cambuk.

"Ini adalah kali pertama saya melihat dan mempercayainya. Saya sendiri tidak terlalu memikirkan bagaimana teknologi bekerja, tapi hasilnya sangat berhasil. Meski demikian hal itu tidak membuat saya ingin kembali muda. Saya bersyukur dengan menjadi tua," jelasnya.

Pihak Disney akan melepas "Indiana Jones and the Dial of Destiny" pada 30 Juni mendatang menyusul pemutaran perdana global di Cannes Film Festival bulan depan.

Baca juga: Harrison Ford kembali muda dalam film "Indiana Jones 5"

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023