Kolombo (ANTARA) - Proyek pembangunan gedung rawat jalan Rumah Sakit Nasional Sri Lanka, sebuah rumah sakit terkemuka di negara itu yang dibangun dengan bantuan China, diserahterimakan kepada Sri Lanka pada Selasa (25/4).

Duta Besar (Dubes) China Qi Zhenhong dan Menteri Kesehatan Sri Lanka Keheliya Rambukwella yang mewakili kedua belah pihak menandatangani dokumen penyerahterimaan dan menghadiri acara perayaan serah terima tersebut.

"Pemerintah China memprioritaskan sektor kesehatan dalam pembinaan hubungan bilateral," kata Dubes Qi.

Qi juga mengatakan China memberikan pasokan medis dan vaksin untuk Sri Lanka saat pandemi COVID-19.

Mencermati pembukaan Rumah Sakit Persahabatan China-Sri Lanka di Polonnaruwa tersebut, yang merupakan rumah sakit khusus penyakit ginjal terbesar di Asia Selatan, Qi mengatakan delapan laboratorium keliling pemberian China telah dikerahkan tahun lalu untuk membantu mendeteksi penyakit ginjal kronis di daerah pedesaan.

Sang dubes menambahkan bahwa China juga menyediakan pasokan obat-obatan darurat untuk Sri Lanka, dengan harapan upaya China tersebut dapat membawa manfaat nyata bagi para pasien dan pekerja medis di garis depan.

Menghargai dukungan jangka panjang China, Rambukwella mengatakan bahwa gedung rawat jalan tersebut merupakan proyek yang cukup besar dan sangat dibutuhkan untuk sektor kesehatan negara itu.

Ia yakin bahwa para profesional medis di negara itu akan memanfaatkannya sebaik mungkin untuk masyarakat, yang akan sangat diuntungkan nantinya.

Proyek dengan luas area konstruksi sekitar 50.000 meter persegi itu akan meningkatkan kapasitas penanganan harian rumah sakit itu menjadi 6.000 pasien, dan sangat membantu meringankan keterbatasan sumber daya medis setempat. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023