Jumlah pengunjung 4.303 pada Selasa (25/4)
Jakarta (ANTARA) - Ribuan pengunjung masih mendatangi taman dan hutan kota Tebet Eco Park, Jakarta Selatan pada hari kedua setelah Lebaran atau Selasa (25/4) untuk menghabiskan waktu liburan.

"Jumlah pengunjung 4.303 pada Selasa (25/4)," kata Kasie Taman Kota Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Muhammad Ali saat dihubungi, di Jakarta, Rabu.

Ali menambahkan sebelumnya pada hari kedua Lebaran (23/4) tercatat 3.510 pengunjung, kemudian pada pertama setelah Lebaran (24/4), pengunjung sebanyak 3.387 orang.

Adapun kuota per harinya yakni 8.000 orang dibagi dua sesi yakni sesi satu pukul 07.00 hingga 11.00 WIB dibatasi empat ribu orang dan sesi dua pukul 13.00 hingga 17.00 WIB dibatasi empat orang.

Sedangkan, untuk akhir pekan pengunjung dibatasi sebanyak 10.000 orang yang dibagi dua menjadi 5.000 per sesi waktu.

Baca juga: Jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan capai 94 ribu

"Dengan adanya pendaftaran melalui aplikasi JAKI dipastikan pengunjung sesuai dengan kuota yang ditetapkan," tambahnya.

Sementara itu, seorang warga bernama Ahmad Maulana datang jauh dari Rawamangun, Jakarta Timur mengatakan taman ini merupakan tempat wisata yang bagus dan terjangkau.

"Ke sini ngajak anak main sekaligus liburan karena kami juga gak mudik ke Wonogiri, Jawa Tengah," ujar pria 38 tahun itu.

Ahmad mengaku tidak melaksanakan mudik pada libur Lebaran karena terhalang oleh biaya sehingga memilih Tebet Eco Park sebagai tujuan menghabiskan jatah liburan.

"Terakhir mudik 2018, keluarga saya yang lain pada mudik ke sana, saya doang nggak," tambahnya.

Baca juga: Pemprov DKI tertibkan kabel udara di Tebet Eco Park sesuai regulasi

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, beberapa tempat wisata di Ibu Kota tidak beroperasi pada hari pertama Lebaran 2023.

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta sebagai pengelola taman (Ruang Terbuka Hijau/RTH) di Jakarta menginformasikan bahwa tempat wisata taman yang tutup saat Lebaran yaitu Taman Lapangan Banteng, Taman Margasatwa Ragunan dan Tebet Eco Park.

Taman-taman tersebut buka kembali pada hari kedua Idul Fitri dengan jam operasional masing-masing.

Taman Lapangan Banteng buka pada pukul 06.00-20.00 WIB, Taman Margasatwa Ragunan pada pukul 07.00-16.00 WIB serta Tebet Eco Park.

Baca juga: Pemprov DKI sebut pemagaran di Tebet Eco Park untuk batasi pengunjung

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023