pelabuhan reguler tidak begitu ramai
Lampung Selatan (ANTARA) - Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edwin mengimbau  penumpang dengan kendaraan pribadi agar menggunakan terminal reguler Bakauheni untuk menyeberang ke Merak.

Imbauan itu dilakukan lantaran masih terjadinya penumpukan kendaraan yang ingin masuk ke dalam feri  melalui terminal eksekutif.

"Kita sarankan melalui dermaga reguler, silahkan teman-teman kita yang akan melakukan penyeberangan bisa beli tiket di reguler," kata Edwin saat ditemui di Pelabuhan Bakauheni, Merak, Lampung Selatan, Kamis.

Edwin mengatakan tercatat ada 28.000 kendaraan yang menyeberang dari Bakauheni, Lampung menuju Merak, Banten saat H+5 Lebaran.

Dari jumlah 28.000 kendaraan tersebut, diperkirakan mayoritas kendaraan memilih untuk menyeberang melalui pelabuhan eksekutif.

Padahal kondisi di lapangan,pelabuhan reguler tidak begitu ramai.Sehingga kalau penumpang mau berangkat dari pelabuhan reguler, dia meyakini antrean kendaraan bisa dipangkas dan arus balik pun bisa berjalan dengan lancar.

Sejauh ini, pihak telah berupaya memberlakukan skema rekayasa lalulintas guna mengurangi kepadatan kendaraan motor dan mobil di kawasan Bakauheni.

"Kita harap upaya ini dapat mengurangi antrian kendaraan," kata dia.

Berdasarkan pengamatan di lokasi pukul 13.55 WIB, terlihat penumpukan kendaraan mobil di pelabuhan Eksekutif Bakauheni masih terjadi.

Penumpukan terjadi lantaran mobil tersebut tengah menunggu kapal datang di terminal eksekutif, tepatnya di dermaga 9.

Jika dilihat dari dermaga sembilan, terlihat antrian mobil itu melengkung dan diperkirakan mencapai 500 meter.
Baca juga: Petugas berjaga di Pelabuhan Bakauheni hingga akhir arus balik
Baca juga: Polisi perketat pemeriksaan tiket penumpang Pelabuhan Bakahuni
Baca juga: Pelabuhan Bakauheni terus dipadati pemilir roda dua hingga malam hari

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023