Depok (ANTARA) - Sebanyak 42 mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) kembali mengirimkan awardee (penerima beasiswa) program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Vocational Path 2023 ke beberapa perguruan tinggi top dunia.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono di Kampus Vokasi UI Depok, Jumat, mengatakan bahwa animo mahasiswa Vokasi UI terhadap IISMA 2023 sangat meningkat dibandingkan tahun lalu.

Dikatakannya, setelah berhasil memberangkatkan 26 mahasiswa ke berbagai kampus di luar negeri pada 2022, tahun ini kami bangga dapat mengirimkan 42 mahasiswa dengan harapan dapat belajar dan mengikuti jejak alumni awardee dari Vokasi UI sebelumnya.

"Kami sangat mendukung program ini agar mahasiswa dapat belajar banyak hal, khususnya di kampus dan industri dengan skala internasional, dan membuktikan bahwa mahasiswa Vokasi UI memiliki daya saing global," ujar Padang.

Baca juga: Putri Anindya Ravinta raih juara pertama mahasiswa berprestasi UI

Baca juga: Perlu pelatihan adaptif untuk kurangi pengangguran


Sebanyak 42 mahasiswa Vokasi UI berhasil lolos seleksi, mulai dari tingkat program studi, fakultas, universitas, hingga mendaftar melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id/, untuk menempuh studi di kampus luar negeri.

IISMA 2023 merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) sebagai salah satu bentuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Mahasiswa yang berhasil lolos dalam program IISMA 2023 tersebut akan mengikuti kegiatan mobilitas internasional ke kampus terbaik di dunia selama 4–6 bulan atau satu semester dengan pembiayaan dari pemerintah Indonesia.

Mereka tidak hanya mendapatkan pembelajaran di kelas, tetapi juga berbagai subjek pengetahuan multidisiplin lainnya yang diberikan di perguruan tinggi tujuan, serta berbagai kegiatan akademik seperti riset, magang, industry visit, dan misi pertukaran budaya.

Berikut beberapa daftar universitas top dunia yang menerima mahasiswa Vokasi UI melalui program IISMA 2023, yakni University of Strathclyde, Inggris (2 mahasiswa), University College London, Inggris (7 mahasiswa); Niagara College, Kanada (1 mahasiswa); dan City of Glasgow College, Inggris (2 mahasiswa).

Program IISMA 2023 bukan hanya menjadi pengalaman bagi mahasiswa untuk belajar di luar negeri, melainkan juga mereka akan menjadi duta bangsa untuk memperkenalkan budaya Indonesia di negara tujuannya.

"Kami menunggu karya para mahasiswa yang menjadi awardee IISMA 2023 untuk diterapkan ke industri tanah air. Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada tim dari pendidikan dan kemahasiswaan di Vokasi UI atas pendampingannya kepada para mahasiswa untuk melalui berbagai proses seleksi IISMA 2023 yang ketat," kata Padang.*

Baca juga: Mangkunegara X sampaikan kuliah umum di Vokasi UI

Baca juga: Vokasi UI edukasi mahasiswa strategi menaklukkan marketing digital

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023