tantangan bagi Pemkot Denpasar untuk bisa terus meningkatkan kinerja
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara meraih Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berkinerja Tertinggi secara Nasional pada saat Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII tahun 2023 di Makassar bersama 10 Kota lainnya di Indonesia.

"Pemerintah Kota Denpasar terus berkomitmen untuk menyelenggarakan sistem kepemimpinan yang jujur, mengayomi dan adil," kata Jaya Negara dalam keterangan tertulisnya setelah menerima penghargaan tersebut di Makassar, Sabtu.

Menurut dia, selama ini sistem pemerintahan di Denpasar cukup mengalami banyak transformasi dan melakukan inovasi dengan spirit Sewaka Dharma dan Vasudaiva Kutumbakam atau melayani adalah kewajiban serta bergotong royong dan menyama braya, pemerintahan Kota Denpasar terus semakin baik.

Penghargaan tersebut serahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Sabtu (29/4) bertempat di Anjungan Pantai Losari, Makassar Sulawesi Selatan.

Penghargaan diberikan setelah melalui tahapan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2023. Hasilnya Kota Denpasar menempati peringkat 5 besar secara nasional.

Baca juga: Pemkot Denpasar raih penghargaan prevalensi stunting terendah di Bali
Baca juga: Kementerian PPPA anugerahkan penghargaan DRPLA kepada Pemkot Denpasar

Hasil evaluasi tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No.100.2.1.3-1109 Tahun 2023 Tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2022. Evaluasi ini menghasilkan 3 Provinsi, 10 Kabupaten, dan 10 Kota terbaik Nasional

Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang telah bersungguh sungguh dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Kota Denpasar sendiri menempati peringkat 5 untuk kota terbaik di Indonesia di bawah Kota Semarang, Surabaya, Surakarta dan Kota Bogor. Selanjutnya di bawah Denpasar berturut turut Kota Makassar, Serang, Tanggerang, Medan dan Kota Pare Pare.

"Penghargaan yang diterima harus menjadi pemantik bagi seluruh jajarannya untuk terus komitmen memajukan daerah," ujarnya.

Menurutnya, inovasi dan kreasi baik dalam bentuk kebijakan maupun segala bentuk output-nya terhadap daerah harus selalu ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

"Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Denpasar. Tentunya ke depan ini merupakan suatu tantangan bagi Pemkot Denpasar untuk bisa terus meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi untuk kepentingan masyarakat Kota Denpasar," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Denpasar raih dua penghargaan nasional dari Ombudsman

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023