Sesuai imbauan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk meminta para pemilir agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19
Medan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara (Dishub Sumut) mengimbau pemilir untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 dalam perjalanan selama arus balik Lebaran 2023.

"Sesuai imbauan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk meminta para pemilir agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19," kata  Kepala Dishub Sumut, Agustinus, di Medan, Ahad.

Selain itu, Dishub juga mengimbau para pemilir untuk beristirahat dengan cukup sebelum melakukan perjalanan guna menjaga kondisi fisik agar tetap bugar.

"Istirahat dengan cukup menjadi hal yang sangat penting supaya tubuh tetap bugar selama melakukan aktivitas perjalanan," katanya.

Pihaknya juga mengingatkan para pemilir untuk tidak memaksakan diri berkendara jika merasa mengantuk atau kelelahan selama perjalanan mudik.

"Kalau capek istirahat, setelah perjalanan maksimum 4 jam, minimal istirahat 30 menit," katanya.

Dikemukakannya bahwa masyarakat bisa memanfaatkan rest area atau pos terpadu yang telah disediakan untuk beristirahat sejenak hingga kondisi fisik kembali segar dan bugar.

"Manfaatkan pos terpadu itu, pos itu disediakan emang untuk para pemilir, pos terpadu ada beberapa fasilitas kesehatannya," ujarnya.

Ia berharap arus balik mudik Lebaran tahap kedua berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sedikitpun.

"Mudah mudahan aman tidak ada kecelakaan khususnya, nah itu yang paling utama," kata Agustinus

Sementara itu  Kepala Dinas Kesehatan Sumut,  Alwi Mujahit mengatakan tidak ada lonjakan COVID-19 di Kota Medan itu usai Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

"Untuk subvarian Arcturus belum ada di sini. Lalu terkait Lebaran kemarin, meski mobilitas penduduk sangat tinggi, penambahan kasus COVID-19 sedikit, relatif rendah," katanya.

Baca juga: Dishub Sumut perkirakan lonjakan arus balik angkutan umum hingga 1 Mei

Baca juga: Polisi jaga ruas jalan Medan menuju Berastagi antisipasi kemacetan

Baca juga: Dishub Sumut antisipasi kepadatan arus balik mudik di jalur wisata

Baca juga: Penumpang pesawat arus balik di Bandara kualanamu capai 25.103 orang

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023