Ramp check ini akan dilakukan setiap pool perusahaan otobus (PO) dan terminal dengan melibatkan BNN dan Dinas Kesehatan dan yang lainnya,
Medan (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara melakukan pengecekan kelaikan (ramp check) kendaraan umum menjelang momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk memastikan keselamatan masyarakat yang akan berpergian mudik.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Agusinus, di Medan, Senin, mengatakan ramp check moda transportasi darat tersebut dilakukan di setiap pool kendaraan dan juga terminal yang dilakukan pada 21-23 Desember 2023.

"Ramp check ini akan dilakukan setiap pool perusahaan otobus (PO) dan terminal dengan melibatkan BNN dan Dinas Kesehatan dan yang lainnya,” ujar Agustinus.

Baca juga: Kemenhub "ramp check" bus AKAP dan pariwisata jelang Natal-tahun baru

Ia menjelaskan pengecekan akan dilakukan pada administrasi berupa bukti lulus uji, izin operasional, SIM dan STNK. Kemudian secara teknis pada sistem penerangan kendaraan, pengereman, kondisi ban, perlengkapan kendaraan dan lainnya untuk keamanan dan keselamatan berkendara.

"Kemudian, ramp check ini juga mencakup tes urine bagi sopir dan kenek yang dilakukan oleh BNN dan tes kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan," kata Agustinus.

Menurut dia, kelaikan kendaraan sangat penting, sebab pada momen tersebut arus kendaraan akan meningkat, sehingga faktor keamanan dan keselamatan penumpang sangat penting. Ramp check juga dilakukan agar tidak terjadi insiden yang dapat membahayakan keselamatan pelaku perjalanan.

“Pada pemeriksaan ramp check apabila kendaraan tidak memenuhi faktor keamanan dan keselamatan, sementara waktu tidak boleh jalan. Maka dari itu, kami berharap para pengendara bisa melakukan perbaikan atau mengganti bagian kendaraannya yang sudah tidak laik," sebutnya.

Baca juga: "Ramp Check" berperan untuk minimkan kecelakaan bus mudik Lebaran 2023

Agustinus menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan pengecekan kelaikan ramp check kendaraan tersebut setelah Natal yakni pada  27 -29 Desember 2023.

"Kami juga melakukan hal yang sama pada pascaNatal. Hal itu juga mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023