Pendaftaran tahun ini hanya dibuka secara offline atau manual
Medan (ANTARA) -
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), menggelar program mudik bareng gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ke 12 kabupaten/kota di Sumut.
 
"Program ini sebagai bentuk kepedulian bapak Wali Kota Medan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman," ujar Kepala Dishub Kota Medan Iswar Lubis di Medan, Kamis.
 
Ia menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya untuk tahun ini Pemkot Medan menyediakan kursi bagi sebanyak 6.000 pemudik.
 
Adapun 12 kabupaten/kota tujuan di Sumut, meliputi Pakpak Bharat, Sidikalang, Tarutung, Sibolga, Rantau Prapat, Kota Pinang, Sibuhuan, Gunung Tua, Sipirok, Padangsidimpuan, Panyabungan dan Natal.
 
Sedangkan jumlah armada yang disiapkan oleh Pemkot Medan sebanyak 179 bus terdiri atas 121 bus berukuran besar dan 58 bus berukuran sedang.
 
"Belajar dari pengalaman, beberapa ruas jalan di sejumlah kabupaten/kota di Sumut tidak bisa dilintasi bus besar. Kami menghadirkan sejumlah bus berukuran sedang melayani pemudik," paparnya.

Baca juga: Pelindo adakan program mudik gratis Lebaran 2024
Baca juga: Kemenhub siap layani mudik gratis di 47 ruas jalur laut se-Indonesia

 
Iswar juga menjelaskan bagi masyarakat yang ingin mengikuti program mudik bareng gratis ini bisa melakukan pendaftaran pada 18 - 22 Maret 2024 di tiga lokasi.
 
Lokasi pendaftaran yakni Kantor Dinas Perhubungan Kota Medan, Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Amplas Medan, dan Taman Ahmad Yani Medan sejak pukul 9.00 WIB hingga jam 17:00 WIB.
 
"Pendaftaran tahun ini hanya dibuka secara offline atau manual. Tidak dilakukan secara daring, seperti tahun lalu. Sebab, talu lalu terjadi pendaftaran ganda mencapai 1.200 pemudik," tegas dia.
 
Untuk syarat pendaftaran tidak harus pemilik KTP Medan, namun tujuannya harus sesuai yang telah ditetapkan. Calon pemudik juga tidak harus semua mendaftar, tapi cukup diwakilkan oleh satu orang atau orang lain.
 
"Kami persilakan mendaftar, jika ada perkumpulan satu kampung yang ingin mudik secara bersama-sama. Kami juga berupaya menutup serapat-rapat potensi calo," tegas Iswar.
 
Setelah masa pendaftaran, pihaknya akan memverifikasi calon pemudik berdasarkan tujuannya. Pada 25 - 27 Maret 2024 calon pemudik dapat mengambil tiket di posko Taman Ahmad Yani Medan pukul 8.00 WIB - 15.00 WIB.
 
"Para calon pemudik diberangkatkan pada 6 hingga 8 April 2024 sekitar pukul 14.00 WIB di Jalan Masjid Raya. Keberangkatan ini dilepas Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution," tegas Iswar lagi.

Baca juga: Pemprov Sumut gelar Mudik Gratis Idul Fitri 1445 Hijriah
Baca juga: Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis sepeda motor naik kapal laut
Baca juga: Tangerang siapkan angkutan mudik gratis ke empat provinsi

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024