Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo kembali mengadakan program mudik dan arus balik gratis untuk periode angkutan Lebaran 2024.

Pada program mudik gratis 2024, Pelindo memfasilitasi 7.500 kursi (total kursi untuk pulang dan arus balik) bagi pemudik yang menggunakan moda transportasi bus. Pendaftaran dapat dilakukan secara daring dan secara resmi mulai dibuka Kamis ini.

"Program mudik gratis ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pelindo untuk membantu masyarakat yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Program ini sejalan dengan arahan Kementerian BUMN," kata Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ardhy mengatakan masyarakat berkesempatan mengikuti program mudik gratis bersama BUMN Pelindo Group selama kuota masih tersedia dan sebaiknya yang bersangkutan belum pernah mendaftar pada program mudik gratis di BUMN lain atau instansi manapun.

Saat mendaftar, calon peserta wajib mengisi data diri sesuai KTP dan kartu keluarga. Setiap anggota keluarga yang mudik harus mengisi formulir secara terpisah. Setelah pendaftaran daring berhasil, peserta harus menunggu proses verifikasi data. Jika lolos verifikasi dan mendapat kuota, peserta wajib mendaftar ulang dan menukarkan tiket.

Baca juga: Kemenhub siap layani mudik gratis di 47 ruas jalur laut se-Indonesia

Keberangkatan mudik gratis Pelindo 2024 dijadwalkan pada 4 April 2024. Sedangkan, perjalanan arus balik dari kota tujuan dijadwalkan pada 16 April 2024. Pemberangkatan dilakukan dari beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar menuju beberapa tujuan tertentu.

Dari Jakarta, tersedia rute dengan tujuan Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Semarang, Surabaya, dan Malang. Dari kota Medan, tersedia rute pulang-pergi ke Pekanbaru atau Banda Aceh. Sedangkan keberangkatan dari Surabaya tersedia rute tujuan Madiun, Jember, dan Trenggalek. Sementara itu, dari Makassar tersedia rute pulang-pergi ke Palopo dan Bulukumba.

Ardhy pun mengharapkan mudik gratis 2024 berjalan aman dan lancar. "Semoga masyarakat yang ikut program ini merasa nyaman selama perjalanan sampai ke kota tujuan, pulang-pergi," ujarnya.

Adapun, peserta mudik gratis bersama Pelindo Group akan mendapatkan fasilitas lengkap, termasuk bus kelas eksekutif, konsumsi, obat-obatan, dan pakaian untuk perjalanan menuju kampung halaman. Informasi mengenai syarat, cara pendaftaran, dan rute perjalanan dapat diakses melalui akun Instagram resmi @pelindo.

Baca juga: Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis sepeda motor naik kapal laut

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024