pelayanan kesehatan disediakan di antaranya pemeriksaan tensi darah, gula darah dan pemeriksaan terhadap penyakit tidak menular
Serang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Kesehatan memberikan perhatian terhadap kesehatan dan stamina para peserta Seba Baduy melalui pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat Baduy saat melakukan Seba tahun 2023 di Serang.

Keterangan yang diterima Minggu, sebelum bertemu dengan Bapak Gede yaitu Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar di Gedung Negara, masyarakat Baduy melakukan pemeriksaan kesehatan di Gedung Juang 45, Kota Serang, Sabtu(29/4).

Pelayanan kesehatan disediakan di antaranya pemeriksaan tensi darah, gula darah dan pemeriksaan terhadap penyakit tidak menular (PTM). Bagi yang membutuhkan tindakan lebih lanjut akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten.

Dalam kesempatan tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Banten menurunkan 15 orang tim kesehatan dan 1 dokter umum serta 1 dokter spesialis medical check up.

Seusai melakukan pemeriksaaan, tim kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Banten juga memberikan obat-obatan kepada masyarakat Baduy.

Pulung, salah seorang warga Baduy mengatakan, adanya tempat pelayanan kesehatan tersebut sangat membantu masyarakat Baduy yang sedang melakukan Seba Baduy.

"Terbantu jeng aya tempat berobat didieu, bisa menta obat (terbantu dengan adanya tempat berobat disini dan bisa minta obat juga)," katanya.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memerima Seba masyarakat adat Baduy di Gedung Negara Provinsi Banten Jl Brigjen KH Syam'un No. 5, di Kota Serang, Sabtu. Sekitar 1224 orang masyarakat adat Baduy mengikuti prosesi ini.

Dalam rangka melaksanakan ritual tahunan Seba, masyarakat adat Baduy melakukan perjalanan spiritual melewati beberapa Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan diakhiri di Gedung Negara Kota Serang.

"Selamat datang di Gedung Negara Provinsi Banten, mudah-mudahan dengan kebersamaan ini kita dapat terus membangun Baduy, membangun Lebak, membangun Banten, dan juga membangun Indonesia," kata Al Muktabar.

Dikatakan Al Muktabar, pihaknya telah mempersiapkan berbagai fasilitas dan kebutuhan masyarakat adat Baduy selama menjalani Seba Baduy seperti pelayanan kesehatan, tempat peristirahatan, hiburan masyarakat hingga jamuan-jamuan yang dibutuhkan masyarakat adat Baduy.

Al Muktabar juga memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya bagi masyarakat adat Baduy yang telah berkunjung sebagai bentuk rasa syukur dan menjalin silaturahmi kepada Pemerintah Provinsi Banten.
Baca juga: Warga Baduy datangi Rumah Dinas Gubernur Banten laksanakan seba
Baca juga: Ribuan warga "Seba Baduy" ke Gubernur Banten
Baca juga: Gubernur ajak masyarakat Banten belajar dari Baduy

Pewarta: Mulyana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023