...integrasi antara pihak Pelindo (Pelabuhan Indonesia) I dan Pelindo II
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dan berbagai pihak terkait akan mengintegrasikan sistem yang terdapat di dua pelabuhan yaitu di Pelabuhan Belawan (Sumatera Utara) dan Tanjung Priok (Jakarta).

"Kami akan mengimplementasikan konsep Pendulum Nusantara yang akan dimulai pada tahun 2013 dengan mengintegrasikan operasi dari sepasang pelabuhan, salah satunya Belawan-Tanjung Priok," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dalam acara "Outlook 2013 Transportasi Indonesia" di Jakarta, Kamis.

Menurut Bambang, implementasi dari konsep Pendulum Nusantara tersebut akan dilakukan penyatuan sistem sehingga nantinya akan terdapat sepasang sistem informasi yang saling terintegrasi.

Dengan demikian, lanjutnya, bila dua sistem itu telah terintegrasikan sepenuhnya, maka bila terdapat kapal yang akan berangkat dari Belawan maka sudah dapat diketahui apa saja isinya, beratnya, dan di dermaga mana kapal tersebut akan merapat di Pelabuhan Tanjung Priok.

Bahkan, ujar dia, pihak otoritas di Tanjung Priok juga telah mengetahui hingga "crane" mana yang akan digunakan untuk membongkar muatan serta bila kapal tersebut membutuhkan gudang untuk mengisi muatannya maka sudah dapat diketahui di lokasi gudang mana yang akan digunakan.

"Ini adalah integrasi antara pihak Pelindo (Pelabuhan Indonesia) I dan Pelindo II," katanya.

Ia juga mengatakan, telah terdapat satu tim khusus yang akan melakukan penerapan sistem yang terintegral antara Belawan dan Tanjung Priok yang akan dimulai pada semester pertama tahun 2013.

Harapannya, ujar dia, pada semester kedua tahun 2013, kedua sistem baik yang terdapat di Belawan dan Tanjung Priok telah akan terdapat satu sistem yang terintegrasi antara keduanya.

"Diharapkan pelabuhan-pelabuhan lainnya akan menyusul dan mengikuti," kata Bambang Susantono.

Wamenhub berpendapat, penerapan penyatuan sistem Belawan-Priok akan menjadi jenis layanan yang bisa diandalkan kepastian penjadwalannya.

Hal tersebut, menurut dia, dengan semestinya akan meningkatkan tingkat efisiensi di dalam jenis pelayanan pelabuhan dan moda transportasi angkutan laut.

Selain sepasang Belawan-Tanjung Priok, sepasang pelabuhan lainnya yang akan dimulai diintegrasikan pada 2013 adalah Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya) dan Makassar (Sulawesi Selatan).
(M040)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013