Jakarta (ANTARA) - Tim nasional sepak bola Vietnam U-22 menjalani laga perdana Grup B SEA Games 2023 di Stadion Visakha, Phnom Penh, Kamboja, Minggu malam WIB dengan meraih kemenangan 2-0 atas Laos.

Dua gol kemenangan tim juara bertahan SEA Games itu dicetak oleh Van Tung Nguyen di menit ke-2 dan Quoc Viet Nguyen di menit ke-90+2, demikian dikutip dari laman resmi kejuaraan.

Hasil ini membuat Vietnam duduk di posisi kedua klasemen sementara Grup B SEA Games 2023 cabang olahraga sepak bola dengan raihan tiga poin di bawah Thailand dengan koleksi poin yang sama.

Baca juga: Thailand awali SEA Games Kamboja dengan kalahkan Singapura 3-1

Sebagai juara bertahan, Vietnam langsung mengambil inisiatif permainan di menit awal. Tak butuh lama bagi mereka mencetak gol. Laga baru berjalan dua menit, lewat umpan crossing Thang Nhan Nguyen, Van Tung Nguyen berhasil menanduk bola dengan keras dan menaklukkan kiper Laos yang dijaga oleh Thilavong. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Di menit ke-15, Vietnam kembali mengancam melalui tendangan bebas cantik yang dilakukan oleh Van Do Le. Namun, penyelamatan heroik Thivalong gagal membuat tim berjuluk The Golden Stars itu memperlebar keunggulan.

Laos tak ingin diam. Berkat kerja sama apik, Khounthoumphone memperoleh peluang dari jarak dekat, tapi tendangannya masih diamankan oleh kiper Vietnam, Van Chuan Quan.

Memasuki menit ke-39, armada Phillipe Troussier hampir menggandakan skor. Skill Van Do Le berhasil melewati pemain bertahan Laos dan kemudian melepaskan tendangan keras yang sayangnya masih tipis di sisi kiri gawang Laos.

Tidak ada gol atau peluang berbahaya lagi di sisa babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan Vietnam menyudahi paruh pertama.

Baca juga: Indra Sjafri bersyukur anak asuhnya menangi laga perdana SEA Games

Di babak kedua, baik Vietnam dan Laos terlihat lebih bermain hati-hati. Namun, Laos terlihat lebih mendominasi pertandingan di paruh kedua ini.

Alhasil, anak-anak asuh Hans Michael Weiss itu mendapatkan beberapa peluang emas.

Laos mendapatkan peluang berbahaya di menit ke-72. Anousone Xaypanya menerima umpan terobosan dan tinggal berhadapan dengan kiper, tetapi tendangannya masih off target.

Dua menit setelahnya, Laos kembali memiliki peluang emas. Kali ini berawal dari tendangan bebas, bola membentur mistar dan kemudian bola rebound gagal diselesaikan menjadi gol karena ditepis oleh Van Chuan Quan.

Laos terus menggempur pertahanan Vietnam. Di menit 89, Laos hampir mencetak gol penyama kedudukan, tapi tendangan Anousone dari jarak dekat di depan gawang Vietnam masih sangat lemah.

Terlalu berambisi menyamakan kedudukan, Laos justru harus menelan pil pahit karena Vietnam malah mampu menggandakan skor di menit ke-90+2 melalui kaki Quoc Viet Nguyen. Skor 2-0 menjadi hasil akhir pertandingan.

Baca juga: Menakar potensi lumbung emas Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja

Susunan pemain kedua tim nasional:

Vietnam: Van Chuan Quan, Tuan Tai Phan, Duy Cuong Luong, Tien Long Vu, Thai Son Nguyen, Van Cuong Ho, Minh Trong Yo, Van Do Le, Van Tung Nguyen, Thanh Nhan Nguyen

Pelatih: Phillipe Troussier

 

Laos: Thilavong, Sangvilay, Siphongphan, Somsanid, Khounthoumphone, Sayanath, Thongkhamsavat, Klein Teho, Chanthalansy, Roman Angot, Chony Wenpaserth

Pelatih: Hans Michael Weiss

 

Hasil pertandingan SEA Games 2023 pekan pertama:

Grup A

Indonesia 3-0 Filipina

Kamboja 4-0 Timor Leste

Grup B

Thailand 3-1 Singapura

Vietnam 2-0 Laos.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023