Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan 135 personel untuk membersihkan sampah usai aksi Hari Buruh di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Selain itu, kata Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta yang bertugas di Kecamatan Gambir Heru Hamasairudin mengatakan, ada juga ASN, petugas operasional dan kepala satuan pelaksana (kasatpel) yang berjumlah lima orang.

"DLH DKI juga menyiapkan enam kendaraan pembersih, dengan tiga mobil pengangkut sampah dan tiga mobil sapu. Sampai sekarang kami masih membersihkan beberapa area yang belum dibersihkan," ungkap Heru di Jakarta, Senin.

Petugas kebersihan sudah mengangkut sekitar satu ton sampah di area sekitar Patung Kuda dan Jalan Merdeka Selatan. "Untuk Jalan Merdeka Timur, Jalan Merdeka Barat dan Jalan Merdeka Barat masih kami bersihkan," ungkap Heru.

Heru mengatakan, mayoritas sampah yang dikumpulkan berupa​​​​​ botol plastik bekas minuman dan bambu bekas bendera.

Diperkirakan sampah di sekitar Monas bisa mencapai dua ton, dengan lokasi aksi Hari Buruh sebagai penyumbang terbanyak.

"Biasanya kalau ada demo memang banyak sampahnya. Tugas kami memang membersihkan sampah-sampah tersebut," katanya.

Dia berharap peserta aksi tidak membuang sampah sembarang. "Mohon massa aksi membuang sampah pada tempatnya sehingga kami bisa bekerja lebih cepat seusai aksi dan lalu lintas bisa segera normal lagi," ungkap Heru.
Baca juga: Dinkes DKI siapkan 20 ambulans di lokasi aksi Hari Buruh
Baca juga: Partai Buruh tak bisa pastikan kehadiran bacapres di Istora Senayan

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023