Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Serikat Buruh Kalsel merayakan peringatan May Day atau Hari Buruh di Kilometer 0 Banjarmasin dan pada momen kegiatan tersebut empat orang buruh mendapatkan  doorprize dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor untuk diberangkatkan umroh tahun ini.

“Selamat bagi para pemenang doorprize, khususnya empat orang yang mendapatkan hadiah berangkat umroh,” kata H Sahbirin Noor di Kota Banjarmasin, Senin.

Sahbirin berharap agar para buruh memperoleh penghasilan dari perusahaan sesuai dengan kelayakan hidup di Kalimantan Selatan.

Pada peringatan Hari Buruh  atau May Day tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Kalsel merangkaikan peringatan Hari Buruh dengan berbagai kegiatan.

Puncak Peringatan May Day di Kalimantan Selatan yang digelar di Titik 0 Kilometer Banjarmasin tersebut dirangkaikan dengan kegiatan senam sehat, donor darah 100 kantong, bazar murah dan pembagian doorprize.

Menurut Sahbirin, buruh memiliki peran penting karena dedikasi dan pengabdian kaum Buruh membantu menyukseskan pembangunan bangsa.

Baca juga: Menko PMK: Mayoritas buruh di Indonesia generasi sandwich

“Atas nama rakyat Kalimantan Selatan, saya ucapkan terima kasih dan semoga momentum tahun ini dapat memperkuat komitmen kita memajukan dan mewujudkan kesejahteraan rakyat Kalsel,” ucapnya.

Lebih lanjut Sahbirin katakan, semua lapisan pemerintah dan masyarakat harus bersatu padu agar kesejahteraan rakyat yang selama ini menjadi mimpi besar dapat tercapai.

Ia mengajak seluruh buruh agar terus berkomitmen dalam berkontribusi untuk Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kalimantan Selatan Irfan Sayuti mengatakan akan selalu menjaga hubungan yang baik dengan parah buruh melalui berbagai kegiatan.

“Tujuan kita meningkatkan kesejahteraan Buruh dan menjaga hubungan tetap kondusif, salah satunya dengan kegiatan seperti ini,” katanya.

Irfan juga berharap pemerintah dan buruh tetap harmonis untuk mendukung pembangunan bangsa agar terwujud secara merata.

Ketua Panitia Pelaksana May Day  2023 di Kalimantan Selatan, Mesdi, juga menyampaikan rasa rasa terima kasih pemerintah setempat yang telah berpartisipasi pada kegiatan yang dihadiri sekitar 3000 orang Buruh tersebut.

“Kita dalam keadaan sehat memeriahkan Hari Buruh tahun ini di Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Ia juga memberikan selamat kepada empat orang Buruh yang mendapatkan rezeki hadiah berangkat Umroh ke Tanah Suci tahun ini.

Baca juga: Massa aksi buruh mulai meninggalkan area Patung Kuda

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023