Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, kenyamanan dan keamanan masyarakat selama arus mudik dan arus milir Lebaran 2023 menjadi prioritas.

"Pemerintah menjadikan penanganan arus mudik dan milir ini sebagai prioritas sehingga aktivitas mudik Lebaran tahun ini berjalan dengan lancar," kata Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Baca juga: Gubernur Lampung minta pastikan kenyamanan pemudik motor

Muhadjir menambahkan, pemerintah berharap masyarakat dapat merasa aman dan juga nyaman selama melakukan aktivitas mudik dan milir.

Sementara itu, untuk memastikan kenyamanan dan keamanan masyarakat, pihaknya kembali melakukan peninjauan ke Gerbang Tol Cikampek Utama pada Minggu (30/4) malam untuk memastikan kelancaran arus milir gelombang kedua pada 30 April dan 1 Mei.

"Kami kembali meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama karena ingin memastikan kesiapan penerimaan arus kendaraan di ruas tol ini," katanya.

Baca juga: Pelindo benahi fasilitas ruang tunggu Tanjung Priok untuk kenyamanan

Muhadjir Effendy juga kembali mengimbau pemilir untuk tetap mengutamakan keselamatan, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi pengendara lain.

"Tidak usah tergesa-gesa dan berkendaralah dengan tenang. Selain itu juga perlu memperhatikan kendaraan masing-masing, jika dirasa kondisi kendaraan kurang baik maka mohon diperiksa dan diperbaiki dulu sehingga semuanya aman," katanya.

Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma tingkatkan kenyamanan penumpang

Sementara itu, Muhadjir Effendy menilai perilaku pemudik selama aktivitas mudik Lebaran 2023 sangat tertib dan disiplin.

"Tertib dan disiplin merupakan kunci utama dalam mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023," katanya.

Baca juga: KAI tambah beragam fasilitas demi kenyamanan pemudik di Stasiun Gambir

Selain mengapresiasi perilaku pemudik yang tertib dan disiplin, Menko PMK juga mengapresiasi turunnya angka kecelakaan lalu lintas selama periode mudik lebaran.

"Berdasarkan data Kemenhub, kecelakaan pada arus mudik Lebaran 2023 turun sebanyak 33 persen dibanding tahun 2022 lalu," katanya.

Untuk itu, Muhadjir menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat dan juga seluruh pihak terkait yang telah bekerja keras mendukung kelancaran arus mudik 2023. T.W004

Baca juga: Pengelola Terminal Kampung Rambutan jamin kebersihan demi kenyamanan
Baca juga: Posko Lebaran diminta bantu keselamatan dan kenyamanan pemudik


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023