Aeromodelling atau miniatur pesawat terbang ini merupakan hasil karya siswa kami selama satu semester melalui bimbingan guru
Sentani, Papua (ANTARA) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Penerbangan Waibhu di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menampilkan aeromodeling di pameran pendidikan 2023.

Kepala SMKN 5 Penerbangan Waibhu Budi Riyanto di Sentani, Selasa menjelaskan bahwa siswa dari sekolah tersebut membutuhkan waktu satu semester guna menciptakan sebuah pesawat aeromodeling.

“Aeromodelling atau miniatur pesawat terbang ini merupakan hasil karya siswa kami selama satu semester melalui bimbingan guru,” katanya.

Menurut dia SMKN 5 Penerbangan Waibhu ikut berpartisipasi dalam pameran pendidikan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang menampilkan hasil karya siswa dari ekstrakurikuler dan pembelajaran produktif.

“Jadi siswa belajar membuat yang kecil-kecil namun relevan dengan jurusannya, setelah dari sekolah diharapkan akan dapat diaplikasikan dalam dunia kerja,” katanya.

Ia menjelaskan di dalam dunia kerja ada namanya praktek kerja industri, pihaknya berkomitmen agar selama menempuh pendidikan siswa dilengkapi dengan ilmu kedirgantaraan yang relevan dengan jurusannya.

“Siswa kita ini adalah calon-calon mekanik pesawat udara, paling tidak mereka harus menguasai terkait mesin pesawat,” katanya.

Ia menambahkan meskipun terbatas dari sisi sarana prasaran pendukung praktikum tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi siswa maupun pihaknya sebagai pendidik.

“Kami tetap optimistis bahwa teman-teman yang ada di Bandara Sentani bahkan yang ada di luar Jayapura akan tetap menjadi mitra bersama kami untuk membantu anak-anak memasuki dunia kerja industri,” demikian Budi Riyanto.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Jayapura membuka SMK Penerbangan

Baca juga: Poltekbang: SMKN 5 Waibhu adalah sekolah penerbangan pertama di Papua

Baca juga: Jadi calon pilot, 10 pemuda Papua-Papua Barat belajar di LIFT Lombok

Baca juga: Sekolah penerbangan akan beroperasi di Biak


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023