Jakarta (ANTARA) - Girl grup K-pop Le Sserafim membantah tuduhan bahwa lagu mereka yakni “UNFORGIVEN” menjiplak musik dan konsep penyanyi-penulis lagu populer Spanyol, Rosalia.

Menurut laporan dari Korea Times, Selasa, grup tersebut membantah kabar itu di acara jumpa pers yang diadakan di YES24 Live Hall di Distrik Gwangjin, Seoul timur, untuk merayakan perilisan album full-length pertamanya, "UNFORGIVEN."

“Lagu dan konsep kami menampilkan cerita dan pesan kami sendiri. Kami akan sangat menghargai jika Anda dapat melihatnya sebagai kreasi asli kami,” kata Kim Chae Won.

Sesaat sebelum comeback Le Sserafim, beberapa pengguna internet mengklaim bahwa gaya bernyanyi para anggota mengingatkan mereka pada Rosalia dan elemen tertentu dari lagu mereka seperti ritme memiliki kesamaan dengan bintang Spanyol itu.

Baca juga: Grup K-Pop yang siap "comeback" bulan depan, ada Le Sserafim dan aespa

Kontroversi plagiarisme ini telah menjadi topik hangat yang diperdebatkan secara online. Namun agensi Le Sserafim, Source Music, belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal tersebut.

"'UNFORGIVEN' menunjukkan tekad kami bahwa kami akan merintis jalan kami sendiri tanpa mengikuti standar yang ditetapkan oleh dunia," jelas Kim Chae Won.

Di sisi lain, Kazuha juga menjelaskan bahwa mereka menawarkan lagu-lagu dari beragam genre mulai dari hip-hop hingga pop Latin, sehingga orang dapat menikmati albumnya tanpa merasa bosan.

"UNFORGIVEN" digawangi oleh lagu utama dengan nama yang sama, yang memadukan ritme hip-hop dan funk.

"Kami berusaha untuk menyoroti kepercayaan diri kami pada rilis kami sebelumnya, tetapi kali ini, kami mencoba melakukan beberapa genre baru untuk menonjolkan sisi multi-segi kami," kata Huh Yun-jin.

Baca juga: TXT dan Le Sserafim duduki peringkat pertama Oricon

Selain itu, “UNFORGIVEN" juga menampilkan musisi Amerika peraih Grammy, Nile Rodgers. Ini adalah pertama kalinya Rodgers - yang sebelumnya bekerja dengan penyanyi pop terkemuka termasuk Beyonce dan Madonna - berkolaborasi dengan artis K-pop.

"UNFORGIVEN" juga menampilkan lagu tema utama dari film tahun 1966, "The Good, the Bad and the Ugly." Itu ditulis oleh Maestro Ennio Morricone, salah satu komposer film terbesar dalam sejarah.

Baca juga: TXT dan Le Sserafim duduki peringkat pertama Oricon

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023