Jakarta (ANTARA) - Ajang penghargaan Golden Disc Awards (GDA) ke-38 di Jakarta International Stadium telah selesai diselenggarakan pada Sabtu (6/1) malam dan menghadirkan deretan penampilan tidak terlupakan dari ragam artis K-pop, mulai dari SEVENTEEN, New Jeans, LE SSERAFIM, Stray Kids, TXT, dan kolaborasi spesial dari sejumlah musisi lintas grup.

Berikut rangkuman penampilan deretan artis K-pop yang berhasil memukau penonton GDA Jakarta.

1. ZEROBASEONE sebagai grup pembuka GDA Jakarta
 

Grup idola ZEROBASEONE saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Grup rookie ZEROBASEONE menjadi grup pembuka di gelaran GDA Jakarta malam tadi dan membawakan sejumlah lagu, salah satunya “In Bloom” yang dirilis pada 2023. Dengan mengenakan pakaian seragam berwarna putih dan tarian penuh semangat, ZEROBASEONE berhasil “membakar” suasana saat tampil di gelaran itu.
 

2. BOYNEXTDOOR, ENHYPEN, NewJeans, hingga STAYC tampil perdana di Indonesia dalam ajang GDA Jakarta

Sejumlah grup idola K-pop tampil perdana di Indonesia dalam ajang penghargaan bergengsi ini, mulai dari BOYNEXTDOOR, ENHYPEN, NewJeans, hingga STAYC. Rata-rata grup K-pop tersebut membawakan dua buah lagu dengan tambahan koreografi atau hal unik lainnya.
 

Grup idola BOYNEXTDOOR saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

BOYNEXTDOOR tampil dengan membawakan dua lagu miliknya, yaitu “Serenade” dan “But Sometimes”. ENHYPEN pun menampilkan dua lagu miliknya, yakni “Bite Me”, “Sweet Venom”, dan lagu intro sebagai tambahan.
 

Grup idola ENHYPEN saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

Serupa dengan dua grup lainnya, NewJeans menyanyikan dua lagu hit-nya berjudul “Cool With You” dan “Ditto”, sedangkan STAYC sempat menampilkan lagu medley dari TWICE bertajuk “CHEER UP”, lagu dari Girl’s Generation “Way to Go”, dan lagu dari Red Velvet “Power Up”.

Usai menyanyikan lagu medley, STAYC juga menyanyikan dua lagu milik mereka sendiri berjudul “Teddy Bear” dan “Bubble”.
 

3. Penampilan spesial BSS dan Dino “Pi Cheolin” SEVENTEEN

Salah satu penampilan yang menarik perhatian di acara malam tadi adalah kolaborasi spesial dari sub-unit SEVENTEEN, yakni BSS bersama Dino yang mengubah personanya menjadi Pi Cheolin dengan menyanyikan lagu “Fighting”. Pi Cheolin merupakan persona buatan Dino SEVENTEEN yang direpresentasikan sebagai pria paruh baya yang gemar memakai kaca mata hitam.

Pada penampilan kolaborasi tersebut, BSS lagi-lagi membuat kejutan dengan membuat aransemen ulang lagu “Fighting” ala marching band dengan kostum menyerupai grup marching band. Lagu “Fighting” pun berhasil menampilkan kesan berbeda yang tentunya tidak melupakan jati diri BSS sebagai grup vokal dan tari, lengkap dengan iringan rap dari Dino “Pi Cheolin” SEVENTEEN.
 

4. Kolaborasi spesial Sung Si-kyung dan Cha Eun-woo
 

Pembawa acara Sung Si-kyung dan Cha Eun-woo saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Dua pembawa acara utama di GDA Jakarta, yakni Sung Si-kyung dan Cha Eun-woo juga membawakan kolaborasi spesial mereka dengan menyanyikan lagu milik Si-kyung bertajuk “Even for a moment”. Dalam waktu singkat, kedua pembawa acara itu berhasil memukau penonton karena suara emas mereka yang telah cukup lama berada di industri musik.
 

5. YB dan LE SSERAFIM bawakan lagu “Unforgiven” versi rock

Grup band rock asal Korea Selatan, yakni YB berkolaborasi dengan LE SSERAFIM dalam membawakan lagu “Unforgiven” versi rock. Tidak hanya itu, keduanya juga membawakan lagu LE SSERAFIM lainnya bertajuk “Fire in the belly” yang juga dinyanyikan dalam versi rock.
 

6. SEVENTEEN bawakan lagu “Ima -Even if the world ends tomorrow-“ versi bahasa Korea perdana di Indonesia

Grup SEVENTEEN tampil membawakan sejumlah lagu di ajang penghargaan itu, salah satunya “Ima -Even if the world ends tomorrow-“ versi bahasa Korea yang ditampilkan secara perdana di Indonesia. Lagu yang aslinya berbahasa Jepang dan dinyanyikan hanya untuk tur konser Jepang itu akhirnya dibawakan untuk pertama kalinya di luar Jepang dalam versi terbaru di gelaran GDA Jakarta.
 

Grup idola SEVENTEEN saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Selain menyanyikan lagu “Ima -Even if the world ends tomorrow-“, SEVENTEEN juga membawakan sejumlah lagu lainnya, yaitu “Super” dan “God of Music”.
 

7. Stray Kids, TXT, IVE, LA POEM, dan Parc Jae-jung pukau penonton dengan penampilan masing-masing

Penampil lain yang tidak kalah bersinar di gelaran acara malam tadi adalah Stray Kids, TXT, IVE, LA POEM, dan Parc Jae-jung. Stray menampilkan lagu “MEGAVERSE”, “S-Class”, dan “Hall of Fame”.
 

Grup idola Stray Kids saat tampil dalam ajang penghargaan GDA di Jakarta International Stadium, Sabtu (6/1/2023) malam. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Selain itu, ada TXT yang menyanyikan lagu “Farewell, Neverland” dan “Chasing That Feeling”. Grup vokal crossover pria asal Korea Selatan, yakni LA POEM juga menyanyikan lagu medley dari sejumlah artis K-pop, yakni “I Am” dari IVE, “Lalalala” dari Stray Kids, “Standing Next to You” dari Jungkook BTS, “Super” dari SEVENTEEN, dan “Eve, Psyche, & the Bluebeard’s wife” dari LE SSERAFIM.

Terakhir, ada Parc Jae-jung yang berhasil membuat penonton “menggalau” bersama lewat lagu yang dinyanyikannya berjudul “Let’s Say Goodbye”. Lagu tersebut juga menyabet penghargaan Best Digital Song pada ajang GDA malam itu.

Baca juga: NewJeans tampil perdana di Indonesia saat GDA Jakarta

Baca juga: Daftar pemenang GDA Jakarta, mulai dari SEVENTEEN hingga NewJeans

Baca juga: ZEROBASEONE tampil sebagai grup pembuka di GDA Jakarta

Baca juga: Penggemar buat proyek khusus untuk idola di GDA Jakarta


Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024