Washington (ANTARA) - Dana Moneter Internasional (IMF) menaikkan perkiraan ekonomi Asia pada Selasa (2/5), karena pemulihan China mendukung pertumbuhan, tetapi memperingatkan risiko dari inflasi yang terus menerus dan volatilitas pasar global yang didorong oleh kesengsaraan sektor perbankan Barat.

Pembukaan kembali ekonomi China akan sangat penting bagi kawasan ini dengan limpahan ke Asia terlihat terfokus pada konsumsi dan permintaan sektor jasa-jasa daripada investasi, kata IMF.

"Asia dan Pasifik akan menjadi wilayah paling dinamis di dunia pada tahun 2023, terutama didorong oleh prospek yang kuat untuk China dan India," kata IMF dalam laporan prospek ekonomi regionalnya.

"Seperti di seluruh dunia, permintaan domestik diperkirakan akan tetap menjadi pendorong pertumbuhan terbesar di Asia pada tahun 2023."

Perekonomian Asia diperkirakan tumbuh 4,6 persen tahun ini setelah kenaikan 3,8 persen pada 2022, menyumbang sekitar 70 persen pertumbuhan global, kata IMF, meningkatkan perkiraannya sebesar 0,3 poin persentase dari Oktober.

China dan India akan menjadi pendorong utama dengan ekspansi masing-masing sebesar 5,2 persen dan 5,9 persen, meskipun pertumbuhan di wilayah Asia lainnya juga diperkirakan akan mencapai titik terendah tahun ini, kata laporan tersebut.

Tetapi IMF memangkas perkiraan pertumbuhan Asia tahun depan sebesar 0,2 poin menjadi 4,4 persen, dan memperingatkan risiko prospek seperti inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan, melambatnya permintaan global serta dampak tekanan sektor perbankan AS dan Eropa.

"Sementara limpahan ke kawasan dari tekanan di sektor keuangan AS dan Eropa sejauh ini relatif terkendali, Asia tetap rentan terhadap pengetatan kondisi keuangan dan repricing aset yang tiba-tiba dan tidak teratur," kata IMF.

Dan sementara Asia memiliki modal yang kuat dan penyangga likuiditas untuk menangkis guncangan pasar, sektor korporasi dan rumah tangga yang sangat berpengaruh di kawasan ini "secara signifikan" lebih rentan terhadap peningkatan tajam dalam biaya pinjaman, tambahnya.

IMF juga mendesak bank-bank sentral di Asia - tidak termasuk Jepang dan China - untuk mempertahankan kebijakan moneter yang ketat guna menurunkan inflasi, yang dapat tetap tinggi karena permintaan domestik yang kuat.

"Biaya kegagalan untuk membawa inflasi di bawah target cenderung lebih besar daripada manfaat menjaga kondisi moneter longgar," kata IMF.

"Pengetatan yang tidak memadai dalam jangka pendek akan membutuhkan pengetatan moneter yang lebih tidak proporsional di kemudian hari untuk menghindari inflasi yang tinggi menjadi tertanam, membuat kemungkinan kontraksi yang lebih besar."

Sementara China akan menjadi pendorong utama pertumbuhan kawasan, sektor properti negara itu tetap menjadi risiko yang perlu ditangani oleh para pembuat kebijakan untuk memastikan pemulihan yang merata di sektor ini, kata IMF.

Langkah baru-baru ini oleh pemerintah untuk memudahkan pembiayaan kepada pengembang sebagian besar menguntungkan pengembang yang lebih besar. Namun, kawasan di China dengan pemain yang lebih kecil dan lebih lemah belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan, kata Thomas Helbling, wakil direktur Departemen Asia dan Pasifik di IMF.

"Sementara upaya pemerintah (baru-baru ini) telah menstabilkan pasar, pemerintah harus secara proaktif mendukung restrukturisasi pengembang yang lebih lemah yang masih menderita," kata Helbling pada jumpa pers di Hong Kong.

Pembuat kebijakan China telah mencoba untuk menstabilkan sektor yang menyumbang seperempat dari PDB nasional setelah serangkaian gagal bayar di kalangan pengembang dan penurunan penjualan rumah.

"Untuk daerah dengan pasar perumahan yang lebih lemah, pemulihan belum terjadi. Kami memerlukan langkah kebijakan lebih lanjut untuk membatasi potensi risiko," kata Helbling.

Baca juga: IMF: Fragmentasi geoekonomi tingkatkan risiko pada pertumbuhan global
Baca juga: Kemenkeu: Kenaikan proyeksi IMF tunjukkan RI masih jadi titik terang
Baca juga: IMF ingatkan risiko amankan rantai pasokan dorong Perang Dingin baru

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023