Jakarta (ANTARA News) - NVidia hari ini mengenalkan produk terbarunya Tegra 4, yang diklaimnya sebagai prosesor tercepat dunia yang lebih hemat daya untuk smartphone, tablet, perangkat game, sistem navigasi, maupun PC.

Prosesor yang sebelumnya berkode nama "Wayne" itu berperforma lebih cepat enam kali dari pendahulunya Tegra 3, kata NVidia dalam keterangan persnya menjelang Consumer Electronics Show Las Vegas yang akan berlangsung 8-11 Januari 2013.

"...dengan menawarkan pengalaman games yang lebih realistis dan gambar resolusi lebih tinggi," kata NVidia.

Paket Tegra 4 sudah meliputi aplikasi quad-core pertama CPU core ARM yang memiliki banyak keunggulan, Cortex-A-15, memungkinkan browsing web 2,6 kali lebih cepat.

Tegra 4 juga mendukung komunikasi data dan suara 4G LTE melalui chipset opsional, prosesor generasi-kelima NVIDIA ® Icera i500. Lebih efisien dan fisiknya hanya 40 persen dari ukuran modem konvensional, i500 mempunyai empat kali kemampuan pengolahan dibanding pendahulunya.

"Tegra 4 menyediakan kekuatan pemrosesan yang sangat besar dan efisiensi untuk daya (baterai) smartphone dan tablet, perangkat game, sistem otomatis, dan PC," kata Phil Carmack, wakil presiden senior bisnis Tegra di NVIDIA.

NVidia mengatakan Tegra 4 dirancang untuk efisiensi energi maksimum, berteknologi penghematan baterai generasi kedua, dan mampu menghemat daya backlight meski tetap menghasilkan visual yang superior.

Yang jelas, konsumsi daya Tegra 4 sekitar 45 persen lebih sedikit dibanding pendahulunya, Tegra 3.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013