Las Vegas (ANTARA News) - Intel akan meningkatkan upayanya membuat chip untuk ponsel pintar dan perangkat mobile lainnya yang menyasar pasar "emerging market" (pasar ekonomi bertumbuh) dan segmen yang nilainya tumbuh sangat cepat.

Pada pameran produk tekno terbesar di dunia, Consumer Electronics Show, Intel menyatakan tekadnya menjadi pemain besar pada pasar mobile yang terus membesar itu.

Untuk itu, Intel berencana menciptakan platform ponsel baru untuk pasar ekonomi bertumbuh yang selama ini menjadi salah satu dari pasar paling cepat tumbuh untuk perangkat ini.

"Hal terbaik dari Intel adalah mengantarkan perangkat mobile di dekat Anda," kata bos Intel, Kirk Skaugen, seperti dikutip AFP.  "Kami tengah mengantarkan peningkatan terbesar dalam efisiensi baterai dalam sejarah Intel sambil mengimbuhkan interface-interface baru melalui sentuhan, suara, pengenalan wajah, dan interaksi berbasis gestur tubuh."

Intel berencana meningkatkan performa dan penghematan energi prosesor Atom dengan mempercepat penawaran mobile mereka dalam tingkat yang tak pernah terjadi sebelumnya, pada 2013.

Intel mengungkapkan, platform berbasis prosesor Atom hemat energinya akan menyasar segmen pasar ponsel pintar yang diperkirakan mencapai 500 juta sampai 2015.

Intel adalah produsen chip komputer terbesar di dunia, namun tengah berjuang melawan beralihnya konsumen dan bisnis ke perangkat mobil yang ditempeli prosesor berbeda-beda. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013