hubungan kekeluargaan antarpegawai di lingkup Pemkot Surabaya akan semakin kuat
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berpesan kepada pegawai di lingkungan pemerintah kota setempat untuk bekerja dengan hati saat Halal Bihalal yang diikuti puluhan ribu pegawai di Balai Kota Surabaya, Jatim, Rabu.

"Sekarang adalah waktunya untuk menggabungkan semua yang sudah dilakukan dengan hati. Jadi seperti yang saya selalu katakan, jangan di kantor saja, ayo turun ke lapangan. Seperti petugas kesehatan yang biasanya meminta data terkait stunting, ayo turun ke RW-nya," kata Cak Eri panggilan lekatnya di hadapan puluhan ribu pegawai baik aparatur sipil negara (ASN) maupun non-ASN.

Halal Bihalal tersebut diikuti Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, Sekretaris Daerah (Sekda) serta para Asisten. Bahkan, seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup pemkot juga hadir di sana.

Sejak pukul 07.00 WIB, ribuan pegawai tersebut datang secara bergantian dari berbagai instansi perangkat daerah. Mulai dari badan, dinas, bagian, kecamatan, kelurahan, Puskesmas hingga para guru SD dan SMP Negeri di Kota Surabaya.

Baca juga: Bupati Sigi harap halalbihalal tumbuhkan kebersamaan bangun daerah
Baca juga: Rektor UIN Palu: Halal bihalal tidak hanya sesama Muslim


Cak Eri mengatakan, halal bihalal secara luring ini memang sudah direncanakannya sejak beberapa hari yang lalu. Tepatnya, ketika pelaksanaan halal bihalal secara virtual yang berlangsung pada Kamis, 27 April 2023.

"Halal bi halal (luring) ini memang kami rencanakan saat virtual, terus saya sampaikan ayo makan bareng di Balai Kota Surabaya. Ternyata yang datang luar biasa," katanya.

Meski sejak pukul 07.00 WIB di kawasan Balai Kota Surabaya diguyur hujan lebat, namun hal itu tak menyurutkan antusias pegawai untuk datang mengikuti halal bihalal bersama Wali Kota Eri. Bahkan, puluhan ribu pegawai itu, rela antre untuk bergantian salaman bareng orang nomor satu di lingkup Pemkot Surabaya tersebut.

"Ini tadi hujan, hujannya luar biasa mulai jam 07.00 WIB, tapi teman-teman datang semuanya. Antusias betul, mulai jam 07.00 WIB sampai sekarang (pukul 11.30 WIB) baru selesai," ujarnya.

Baca juga: Khofifah minta kepala daerah setempat tak berhenti jaga semangat maju
Baca juga: PDIP Surabaya memberdayakan pelaku UMKM buat ketupat saat Lebaran


Melihat antusiasme yang datang, Cak Eri optimistis hubungan kekeluargaan antarpegawai di lingkup Pemkot Surabaya akan semakin kuat. Dengan demikian, lanjut dia, pembangunan Kota Surabaya berjalan lancar.

"Karena kemarin halal bihalal secara virtual yang hadir luar biasa. Ternyata yang datang di sini (Balai Kota Surabaya) juga luar biasa," katanya.

Pada kesempatan itu, Pemkot Surabaya juga menyediakan beragam kuliner yang berasal dari pelaku UMKM di Kota Pahlawan. Setidaknya ada sekitar 71 pedagang kuliner yang dihadirkan di sana mulai dari pedagang gado-gado, rawon, soto ayam, lontong balap, pecel, bubur ayam, nasi goreng hingga tahu campur.

Beragam kuliner tersebut memang sengaja disiapkan gratis bagi para pegawai yang hadir mengikuti silaturahmi usai Idul Fitri 1444 Hijriah di halaman Balai Kota Surabaya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf gelar halalbihalal dengan keluarga besar Setwapres
Baca juga: Polsek Tanjung Duren ajak tahanan halalbihalal dan makan opor


 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023