Jakarta (ANTARA News) - Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) menggelar tes fisik atlet Pelatnas sebagai evaluasi dasar mengukur kebugaran atlet.

"Seleksi untuk melihat kebugaran atlet utama setelah selama tiga bulan ini mereka latihan. Bisa dibilang evaluasi atlet, untuk menemukan kekurangan dan kekuatan atlet," kata koordinator cabang olahraga terukur Satlak Prima, Hadi Wihardja, di kantor Satlak Prima kompleks Kemenpora, Selasa.

Namun, sebagaimana yang disampaikan Hadi, tes fisik ini tidak berpengaruh pada seleksi atlet Pelatnas untuk SEA Games 2013.

Tes fisik ini, lanjut Hadi, dilakukan untuk 23 cabang olahraga dari hasil Surat Keputusan tahap pertama yang keluar per satu November tahun lalu. Sedangkan untuk Surat Keputusan tahap kedua, belum keluar karena masih menunggu cabang olahraga lain yang belum melengkapi data administrasi seperti berkuda, senam, dan polo air.

Tes akan dilakukan bertahap dan ditargetkan selesai pada akhir Januari. Pada tes fisik di hari pertama ini, diikuti 15 atlet golf dan delapan atlet diving.

Diikuti hari berikutnya 58 atlet pencak silat, 22 atlet wushu, 16 atlet boxing, dan 40 atlet karate.  Untuk cabang olahraga yang berpusat di luar Jakarta, akan dilakukan tes di masing-masing daerah tersebut oleh perwakilan tim seleksi dan Satlak Prima yang menyambangi ke sana.

Atlet- atlet tersebut mengikuti rangkaian tes fisik seperti bleep test, tes kelincahan, sit up, push up, serta tes kesehatan berupa tes darah.

"Surat Keputusan yang kedua targetnya keluar pekan depan setelah semua data cabor lengkap dan harapannya dilanjutkan dengan tes fisik," tambah Hadi.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013