Nanti tetap di sini kok lokasinya"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memerintahkan jajaran terkait untuk bersama-sama menata pedagang kaki lima (PKL) yang ada di Terminal Blok M Jakarta Selatan.

Jajaran terkait dimaksud meliputi Asisten Sekretaris Daerah Bidang Lingkungan Hidup DKI Jakarta Widyatmoko, Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah DKI Jakarta Ratnaningsih, Walikota Jakarta Selatan Anas Effendi, dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono.

"Ini mau menata menertibkan PKL di Blok M," kata Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Terminal Blok M, Selasa.

Menurutnya, kondisi para pedagang di sekitar terminal Blok M yang ada sekarang bisa membahayakan baik pengemudi bus, pejalan kaki, dan para pedagang.

"Sudah banyak usul, besok mau dirundingkan terus diputuskan," kata Jokowi. Menurutnya, para pedagang tidak akan dipindahkan terlalu jauh dari tempat semula. Hanya saja, lokasi baru nanti dibuat agar baik pembeli maupun pedagangnya selamat.

"Nanti tetap di sini kok lokasinya," kata Jokowi.

Dana untuk relokasi tersebut, menurut Jokowi, bisa datang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta 2013 atau dari dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Nanti kita lihat, bisa dari APBD bisa dari CSR dananya," katanya.

Sementara Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah DKI Jakarta Ratnaningsih mengatakan bahwa ada sekitar 300-400 PKL yang akan direlokasi.

Dia mengatakan bahwa pedagang tidak keberatan dipindahkan, hanya saja masih bernegosiasi mengenai masalah harga. "Tinggal negosiasi harga saja," katanya.

Jokowi melakukan kunjungan kerja kerja ke Terminal Blok M beserta beberapa kepala dinas dan pejabat terkait. Dia datang pukul 17.39 WIB dan langsung disambut oleh para warga serta pedagang yang ada di sekitar terminal.

(Dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013