Jakarta (ANTARA) - Atlet jetski Indonesia Aero Sutan Aswar menyebut Thailand menjadi pesaing terberat di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Peraih medali emas di Asian Beach Games 2010 dan 2014 itu mengungkap Thailand patut diwaspadai karena dihuni oleh atlet-atlet jetski debutan pada ajang internasional.

"Thailand itu atlet-atletnya semua jago. Semuanya punya kemampuan merata," kata Aero Sutan Aswar saat ditemui pewarta pada sela-sela latihan fisik di Hustle House Indonesia, Jakarta Selatan, Kamis (4/5).

Meski begitu peraih tiga gelar juara Dunia Jet Ski tahun 2019, 2016 dan 2014 itu optimistis menargetkan dua emas dalam cabang lomba jet ski pertama di ajang SEA Games.

"Kalau dulu pas 5 sampai 10 tahun yang lalu mereka yang senior begitu jago. Nah sekarang diganti anak-anaknya yang jago tapi belum sejago bapaknya. Jadi balapannya begitu wild card (sulit diprediksi) nanti," kata atlet yang juga merupakan kakak dari pejetski Aqsa Sutan Anwar itu.

Baca juga: Aero dan Aqsa lakukan persiapan fisik jelang tampil di SEA Games 2023

Setelah menjalani latihan uji coba jetski di Los Angeles dan California, Amerika selama tiga minggu, Aero bersama dengan adiknya Aqsa kini menjalani fokus latihan fisik sebelum bertanding di Kamboja pada 13-16 Mei mendatang.

Secara terpisah sang adik Aqsa Sutan Anwar yang juga atlet andalan Indonesia dan juara jetski Dunia 2018 mengungkap dengan nada candaan bahwa lawan terkuat yang dihadapinya di SEA Games 2023 kali ini adalah kakanya sendiri, Aero.

"Saingan paling berat aku ya Aero," kata Aqsa dengan nada bercanda.

Baca juga: Jetski target tiga emas pada SEA Games 2023 Kamboja

Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA) mengirimkan lima atlet untuk ajang SEA Games kali ini. Selain Aero dan Aqsa, IJBA memberangkatkan Rafa Miza, Deepta Monoarfa dan Fadlan Usman.

Dalam SEA Games 2023 Kamboja, ketua IJBA Syaiful Sutan Aswar menargetkan Indonesia dapat meraih tiga emas.

"Target realistis kami dapat tiga emas, tapi semoga bisa meraih empat," ujar Fully sapaan akrab Syaiful Sutan Aswar dalam keterangan tertulis NOC Indonesia yang diterima di Jakarta, Rabu (19/4).

Baca juga: Jokowi targetkan lebih dari 69 emas dan peringkat 1-2 di SEA Games

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023