Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menginginkan kerja sama antara Pemerintah Belgia dan Pemda DIY ditingkatkan dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Hal itu disampaikan Sultan HB X usai menerima kunjungan Duta Besar Belgia untuk Indonesia Frank Felix di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis.

"Peningkatan, perkembangan (kerja sama) sangat dimungkinkan. Tadi saya sampaikan sama beliau (Dubes Belgia) bagaimana hubungan yang sudah 75 tahun ini tidak sekadar antarpemerintah saja. Tapi publik atau masyarakat juga ikut dilibatkan," kata Sultan.

Tahun 2024 mendatang, genap 75 tahun kerja sama di bidang kebudayaan antara Belgia dan Indonesia, termasuk DIY berlangsung.

Menurut dia, kerja sama itu bukan sekedar hubungan diplomatik, namun telah menjadi hubungan persahabatan yang memungkinkan untuk meningkatkan kerja sama di bidang selain kebudayaan.

Bagi Sultan, berbagai bidang dapat dikerjasamakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di DIY maupun Belgia, antara lain bidang seni musik, pertukaran antarpelajar, termasuk teknologi informasi

"Kesan bekerja sama dengan Belgia memang sangat baik. Maka itu, dengan begini kan bisa didukung oleh publik supaya lebih banyak potensi untuk berkembang," kata Sultan.

Baca juga: Presiden titip Gubernur/Wagub DIY lekas fokus harga pangan dan inflasi

Sementara itu, Dubes Belgia Frank Felix mengungkapkan kebanggaannya bisa kembali bertemu langsung dengan Sri Sultan HB X dalam misi persahabatan berbalut diplomatik.

Ia mengaku senang atas sejarah hubungan hubungan baik dan persahabatan antara Indonesia dan Belgia yang hampir menyentuh angka 75 tahun.

Ia menjelaskan, akan ada perayaan khusus pada peringatan ke 75 tahun pada tahun depan. Tercatat, sering ada pertukaran kebudayaan antara Belgia dan Indonesia khususnya DIY.

Menurut dia, beberapa kali DIY telah mengirimkan misi kebudayaan ke Belgia dan begitupun sebaliknya.

Ia juga sempat membahas mengenai peringatan 75 tahun hubungan diplomasi Indonesia-Belgia pada 2024 yang akan dirayakan karena menyentuh angka spesial.

Sang Dubes berharap tahun depan DIY bisa kembali mengirimkan misi kebudayaan ke Belgia atau sebaliknya Belgia ke DIY.

Ia berharap ada peningkatan kuantitas berinteraksi antara kedua belah pihak agar hubungan semakin erat.

"Harapannya setelah mereka berinteraksi setiap tahun, akan saling bertemu, saling kunjung dan saling kolaborasi agar semakin kuat hubungan antara warga Belgia dan Indonesia khususnya Yogyakarta," ucap dia.

Baca juga: Menteri PANRB Silaturahmi ke Sri Sultan HB X, DIY ‘Pilot Project’ Reformasi Birokrasi Pengentasan Kemiskinan

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023