Ankara (ANTARA) - Seorang anggota delegasi Ukraina memukul wajah seorang anggota delegasi Rusia pada saat pertemuan negara-negara Laut Hitam di Ankara, Turki, Kamis kemarin, gara-gara bendera Ukraina yang dibentangkan anggota delegasi Ukraina itu dirampas sehingga tak lagi mengganggu wawancara video seorang ketua delegasi Rusia.

Olesandr Marikovski memposting video dirinya dalam akun Facebook miliknya yang memperlihatkan dia memukul anggota delegasi Rusia tersebut dan mengambil kembali bendera biru kuning Ukraina.

Insiden tersebut terjadi di lorong gedung parlemen di mana pertemuan Organisasi Kerjasama Ekonomi Laut Hitam (BSEC) sedang berlangsung.

Sehari sebelumnya, sejumlah anggota delegasi Ukraina bentrok dengan petugas keamanan yang berusaha mengusir mereka saat protes, berteriak sambil mengibarkan bendera Ukraina di samping delegasi Rusia yang akan menyampaikan pidato dalam pertemuan itu.

Baca juga: Uni Eropa desak Rusia tak jadikan serangan drone alasan perluas perang




Foto-foto insiden tersebut diunggah dalam situs parlemen Turki. Ketua parlemen Mustafa Sentop memprotes keras kejadian itu.

"Saya mengutuk perilaku ini karena merusak lingkungan damai yang sedang dibangun Turki," kata dia.

Saat perwakilan 13 negara bertemu di sidang BSEC pada Kamis, drone Rusia terus menyerang ibukota Ukraina, Kiev.

Pada pertemuan tersebut, tidak ada pembicaraan yang membahas perdamaian untuk mengakhiri perang yang telah menghancurkan kota-kota di Ukraina, membunuh ribuan orang, serta jutaan urang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Baca juga: Rusia minta PBB kecam Inggris karena pasok amunisi uranium ke Ukraina

Sumber: Reuters

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023