Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 9.758 peserta akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023 di Universitas Syiah Kuala (USK) Darussalam Banda Aceh.

“SNBT adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang kedua dari tiga jalur seleksi yang tersedia. Tiga jalur seleksi itu adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), SNBT, dan Jalur Mandiri,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik USK Prof Agussabti di Banda Aceh, Jumat.

Baca juga: Sebanyak 2.153 peserta SNBP lulus di USK

Ia menjelaskan para peserta UTBK SNBT dapat menyiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi tahapan seleksi tersebut seperti membawa dokumen kelengkapan ujian yaitu kartu peserta ujian dan identitas diri baik berupa KTP maupun kartu pelajar dan hadir minimal 30 menit sebelum ujian dimulai.

Menurut dia, khusus lulusan 2021 dan 2022 peserta diwajibkan membawa ijazah atau foto kopi ijazah yang telah dilegalisir dan bagi lulusan 2023 membawa surat keterangan kelas 12 yang ditandatangani oleh kepala sekolah.

Baca juga: USK asramakan mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dan ADik

“Surat tersebut berisi nama siswa, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan foto terbaru,” katanya.

Agussabti menyebutkan pada seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ini USK menyediakan kuota untuk jalur SNBT sebesar 40 persen, jalur SNBP sebesar 25 persen, dan Jalur Mandiri sebesar 35 persen

“Kami ingatkan peserta UTBK SNBT agar mempersiapkan diri sebaik mungkin, karena inilah kesempatan bagi mereka untuk kuliah di berbagai program studi atau kampus pilihannya,” kata Agussabti.

Baca juga: Mahasiswa asing di USK Aceh lulus dengan predikat sangat memuaskan

Informasi lengkap UTBK SNBT ini dapat dilihat pada laman resmi USK atau media sosial USK. Atau dapat menghubungi call center Humas USK pada nomor: 0811-6752-000.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023