USK melalui OIA akan terus meningkatkan jumlah mahasiswa asing melalui program gelar maupun nongelar untuk belajar dan kuliah di USK
Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak enam mahasiswa warga negara asing (WNA) yang melanjutkan studi di  Universitas Syiah Kuala, Aceh dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan, menurut pejabat  perguruan tinggi itu.

USK melalui OIA akan terus meningkatkan jumlah mahasiswa asing melalui program gelar maupun nongelar untuk belajar dan kuliah di USK ,” kata Kepala UPT International Affairs Office ( OIA ) USK , Dr. Muzailin Affan di Banda Aceh, Jumat.

Ia menyebutkan saat ini terdapat 80 mahasiswa asing yang melanjutkan studi di USK dari berbagai negara seperti Australia, Malaysia, Thailand, Filipina , Gambia, Senegal, Palestina, Vietnam, Kenya, Mali , Sierra Leone , Yaman , Turkmenistan, Tajikistan , dan Nigeria .

Ada pula yang dinyatakan lulus dengan predikat cum laude yang terdiri atas lima orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan International Business and Economics Program ( IBEP ) yaitu Bakary S. Diba dari Gambia berhasil menyelesaikan kuliah selama 3 tahun 10 hari dan Samar Al Hajj dari Palestina berhasil menyelesaikan kuliah selama 3 tahun 2 bulan.

Kemudian Lamin Samura dari Gambia berhasil menyelesaikan kuliah 3 tahun 3 bulan, Isatou Kunjo dari Gambia berhasil menyelesaikan kuliah 3 tahun 4 bulan, dan Muhammad Bah dari Gambia berhasil menyelesaikan kuliah 3 tahun 4 bulan.

Sedangkan dari FKIP English yaitu Mamadou Pouye dari Senegal berhasil menyelesaikan kuliah dengan predikat memuaskan dalam waktu 4 tahun 3 bulan.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang melanjutkan studi di kampus tersebut melalui program USK reguler maupun program kementerian seperti program KNB (Kemitaran Negara Berkembang) di mana USK merupakan salah satu perguruan tinggi pengelola program tersebut. dan program Darmasiswa, yaitu program untuk mempelajari Bahasa dan Budaya Indonesia.

Ditambahkannya, mahasiswa asing yang masuk dan kuliah di USK ditangani langsung oleh Office of International Affairs ( OIA ) atau UPT USK International Affairs Office .

Rektor USK Prof Marwan mengatakan pada wisuda ke-156 ini, pihaknya meluluskan sebanyak 1.608 wisudawan Program Magister, Pascasarjana, Profesi, Spesialis dan Diploma Universitas Syiah Kuala (USK) periode November 2022 – Januari 2023, yang meliputi mahasiswa asing yang belajar di kampus.

“Kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya dan mengucapkan terima kasih kepada orang tua/wali yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada USK sehingga putra- putrinya dapat menyelesaikan pendidikannya di USK ,” katanya.

Baca juga: USK memperkenalkan inovasi hulu dan hilir industri safir Aceh kepada masyarakat Asia

Baca juga: BBPA: Ujian UKBI merupakan salah satu syarat untuk konferensi sarjana USK Banda Aceh

Baca juga: Mahasiswa Keperawatan USK menjadi "runner up" dalam lomba karya tulis tingkat nasional


Baca juga: USK-UNHCR perkuat dukungan kemanusiaan bagi pengungsi

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023