Kedua mahasiswa angkatan 2020 USK tersebut menjadi juara pada dua kategori berbeda, yaitu Zakiatul Yuna untuk cerpen dan Wardatul Ullya untuk esai
Band Aceh (ANTARA) - Dua mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh berhasil meraih juara II pada kompetisi menulis tingkat nasional Universitas Lambung Mangkurat Nursing Competition (UNC).

"Kedua mahasiswa angkatan 2020 USK tersebut menjadi juara pada dua kategori berbeda, yaitu Zakiatul Yuna untuk cerpen dan Wardatul Ullya untuk esai," kata Wakil Rektor (WR) III USK Prof Mustanir di Banda Aceh, Senin.

Ia mengatakan prestasi yang diraih kedua mahasiswa tersebut patut menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya, karena keduanya adalah mahasiswa keperawatan, namun mereka tetap mampu berprestasi pada bidang lainnya.

"Kompetensi literasi seperti ini juga sangat penting bagi setiap mahasiswa, mengingat kemampuan literasi tersebut mampu melatih mahasiswa untuk berpikir kritis, kreatif serta inovatif," katanya.

Selain itu, kata dia, dengan kemampuan literasi yang baik maka mahasiswa mengerti bagaimana semestinya mencerna informasi yang terhampar begitu bebasnya di era digitalisasi sekarang ini.

“Prestasi kedua mahasiswa USK ini, patut menjadi motivasi bagi semua mahasiswa, untuk terus meningkatkan kompetensi literasinya, karena dengan pemahaman literasi yang baik, mampu menjadikan kita lebih bijak mencerna informasi,” kata Mustanir.

Sementara itu Zakiatul menjelaskan ia menulis cerpen berjudul “Ditempa Rasa di antara Dua Cinta”, yang menceritakan kehidupan seorang perawat yang harus memilih mempertahankan cintanya pada ibu atau kepada pekerjaannya.

Kemudian untuk esai, Wardatul Ullya menulis esainya dengan judul "Self Efficacy To Become A Quality Nurse" yang menceritakan konsep "self efficacy", yang sangat penting untuk menumbuhkan keyakinan bagi perawat terhadap kemampuannya dalam mengambil tindakan.

Baca juga: Mahasiswa USK Banda Aceh sabet juara nasional KMI Award 2021

Baca juga: USK masuk peringkat ke-11 kampus terbaik nasional

Baca juga: Mahasiswa FISIP USK dilibatkan program kampus merdeka bersama Kemendes

Baca juga: USK-UNHCR perkuat dukungan kemanusiaan untuk pengungsi

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022