Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Jumat (5/5), mulai dari Presiden Joko Widodo dengan mobil sedan melintasi jalan berkubang di Lampung hingga persiapan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT, sudah mencapai 90 persen.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Mobil Jokowi lintasi jalan berkubang di Terusan Ryacudu Lampung

Mobil sedan yang dinaiki Presiden Joko Widodo terlihat melintasi jalan tampak berkubang di Jalan Terusan Ryacudu, Kota Baru, Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, yang terlihat berkubang, dalam video yang diambil oleh Fotografer Kepresidenan, Jumat (5/5).

Dalam video dari tim fotografer kepresidenan itu, tampak sebuah mobil sedan hitam berpelat merah "Indonesia 1" itu tampak melintas pada terjalnya jalan di Jalan Terusan Ryacudu itu. Jalanan dalam video itu tampak berlubang dan tidak beraspal, sehingga mobil sedan yang ditumpangi Jokowi itu berguncang saat melintasi jalan.

Selengkapnya baca di sini.

Jokowi persilakan masyarakat laporkan jalan rusak parah melalui medsos

Presiden Joko Widodo mempersilakan masyarakat untuk melaporkan kondisi jalan di daerah yang rusak parah dan lama tidak diperbaiki kepada dirinya melalui media sosial.

"Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Instagram ini,” ujar Jokowi sebagaimana tertulis dalam deskripsi unggahan video reels di akun Instagram @jokowi yang dipantau di Jakarta, Jumat (5/5).

Selengkapnya baca di sini.

Azwar Anas: Empat kementerian cari solusi untuk guru non-ASN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyatakan empat kementerian sedang mencari solusi untuk guru non-Aparatur Sipil Negara (non-ASN).

“Kami sedang mencari solusi alternatif yang terbaik bagi non-ASN, kemudian termasuk masalah guru-guru di berbagai daerah di seluruh Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (5/5).

Selengkapnya baca di sini.

Megawati sebut ada beberapa parpol lobi Puan untuk bertemu

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa sudah ada beberapa partai politik yang melobi Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk melakukan pertemuan.

"Nah, ini memang saya sudah dengar ada beberapa yang sudah meminta, melobi Mbak Puan, untuk bisa bertemu. Saya bilang, ya, nanti direncanakan, silakan," kata Megawati ketika memberi keterangan kepada wartawan di Badung, Bali, Jumat (5/5).

Selengkapnya baca di sini.

Persiapan KTT ASEAN di Labuan Bajo sudah mencapai 90 persen

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyatakan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN Tahun 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sudah mencapai 90 persen.

"Dengan kerja sama, sinergi dari kementerian dan lembaga, dan juga dari semua aparat yang terlibat, alhamdulillah persiapan sampai dengan hari ini sudah mencapai 90 persen," kata Setya dalam Dialog FMB9 Kesiapan KTT ASEAN 2023 yang diikuti secara dalam jaringan di Jakarta, Jumat (5/5).

Selengkapnya baca di sini.


Baca juga: Warga Seputih Banyak menangis haru usai foto dengan Presiden Jokowi
Baca juga: Mendag dan Erick Thohir dampingi Jokowi tinjau jalan rusak di Lampung
Baca juga: Praktisi minta Bupati Lampung Selatan tindaklanjuti perintah Presiden

 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023