Jakarta (ANTARA) - Daging ayam merupakan jenis daging yang paling mudah ditemukan dengan harga yang tergolong terjangkau, tetapi tetap lezat dan bermanfaat untuk tubuh.

Namun, terdapat sejumlah tips yang harus kita lakukan juga guna bisa mendapat manfaat ini secara maksimal. Berikut aplikasi Titipku membagikan sejumlah daftar manfaat daging ayam untuk tubuh dan tips memperoleh manfaat tersebut seperti diterima melalui keterangan pers di Jakarta pada Sabtu (6/5).

Sumber protein
Daging ayam mengandung protein tinggi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh manusia. Kandungan protein dalam daging ayam mencapai 24-29 gram per 100 gramnya.

Untuk memaksimalkan fungsi protein untuk membentuk tubuh, maka perlu menyeimbangkan asupan daging ayam dengan olahraga rutin. Pastikan juga bagian ayam yang dikonsumsi adalah bagian yang sedikit lemak seperti dada, agar manfaat protein bisa didapat dengan maksimal.

Rendah kalori
Daging ayam juga rendah kalori dan rendah lemak jika dibandingkan dengan daging merah lainnya, sehingga dapat membantu dalam menjaga berat badan.

Sebagai perbandingan, bagian paha ayam tanpa kulit hanya mengandung 180 kalori, sementara bagian dada tanpa kulit hanya mengandung 165 kalori. Dibandingkan dengan daging sirloin sapi mengandung 250 kalori.

Agar kalori ayam yang kita konsumsi tetap rendah, pastikan untuk mengolah ayam dengan cara yang tidak meningkatkan kalorinya. Jika menggoreng ayam, tentu kalori akan melambung tinggi. Sebaliknya, jika diolah dengan cara direbus, maka kalori bisa ditekan tetap rendah.

Baca juga: Flu burung muncul, masyarakat tak perlu takut makan ayam dan telur

Sumber vitamin dan mineral
Daging ayam mengandung vitamin B kompleks seperti vitamin B3 (niacin) dan vitamin B6 serta mineral penting seperti zat besi dan selenium yang dibutuhkan tubuh manusia.

Vitamin B kompleks dapat membantu mengolah makanan menjadi energi yang dibutuhkan manusia. Vitamin B6 pada daging ayam juga dapat menjaga kesehatan sistem saraf.

Agar vitamin dan mineral yang kita dapat dari mengonsumsi daging ayam maksimal, pastikan ayam tidak dimasak terlalu matang dengan api besar. Proses memasak yang berlebihan bisa menghilangkan kandungan gizi ayam. Pastikan memasak ayam dengan api sedang hingga matang pas(tidak terlalu kering).

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daging ayam juga mengandung zat besi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam melawan infeksi.

Namun, manfaat ini tidak akan kita dapat jika ayam yang kita makan tidak segar, tidak sehat, atau kotor. Alih- alih meningkatkan kekebalan tubuh, kita justru terserang penyakit karena daging ayam. Agar manfaat daging ayam satu ini didapat, pastikan Anda membeli daging ayam dari penjual terpercaya.

Meningkatkan kesehatan tulang
Daging ayam kaya akan kalsium dan fosfor yang membantu dalam memperkuat tulang dan gigi manusia. Sama seperti kandungan vitamin, kandungan kalsium dan fosfor juga tidak akan kita dapat jika daging ayam dimasak berlebihan.

Jadi, pastikan ayam yang kita masak matangnya pas dan dimasak dengan api yang tidak terlalu besar.

Baca juga: Guru Besar IPB ingatkan pentingnya modernisasi produksi unggas

Baca juga: Daging atau ayam tak harus dicuci sebelum dimasak

Baca juga: Waspada gula, garam dan lemak berlebih saat santap menu Lebaran

 

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023