Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menggelar karnaval budaya untuk pelestarian adat dan istiadat daerah tersebut.

Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi melalui keterangannya diterima di Makassar, Sabtu, mengatakan HUT ke-693 Kabupaten Bone dilaksanakan berbagai kegiatan yang salah satunya adalah karnaval budaya untuk pelestarian adat, istiadat dan budaya.

"Pelestarian kebudayaan di Kabupaten Bone menjadi atensi khusus karena ini adalah identitas kita," ujarnya.

Pergelaran karnaval budaya itu diikuti oleh seluruh kecamatan di Kabupaten Bone dengan melibatkan seluruh unsur.

Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padajalangi menuturkan kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan semarak HJB ke-693.

Dimana pada kegiatan karnaval tersebut menampilkan beberapa kebudayaan di daerah masing-masing.

“Pelaksanaan Hari Jadi Bone memang kita gelar lebih besar, salah satunya karnaval budaya di mana kita bertanggung jawab terus berupaya agar bagaimana kebudayaan kita di Bone bisa terus dilestarikan,” katanya.

Dia mengatakan pelestarian budaya sangat penting untuk dilakukan sebab Kabupaten Bone sejauh ini sangat dikenal dengan kebudayaannya.

“Jadi kita Bugis Bone memang sangat kental dengan kebudayaan kita, bahkan keseharian kita memang tidak bisa dipisahkan dengan budaya,” terangnya.

Ia juga menuturkan kehadiran karnaval budaya ini untuk memperkenalkan bahwa Bone sangat kaya akan kebudayaan dan itu tersebar diseluruh wilayah yang ada di Kabupaten Bone.

“Masyarakat harus tahu dan kenal budayanya setidaknya melalui kegiatan ini orang yang tidak tahu bisa secara tidak langsung mengetahui tentang  kekayaan budayanya,” ucap Andi Fahsar Padjalangi.

Baca juga: Muhibah Budaya Jalur Rempah pelajari sejarah Sulsel di Somba Opu

Baca juga: Keturunan Raja Bone, Sulsel minta pembentukan pusat kebudayaan

Baca juga: Benda pusaka Museum La Pawowi dicuri maling
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023