Kupang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur menyiapkan enam aplikasi "mobile" perlintasan keimigrasian yang terintegrasi di dalam maupun luar negeri untuk mendukung pelaksanaan KTT ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Kanwil Kemenkumham NTT Marciana D Jone dihubungi dari Kupang, Sabtu malam, mengatakan bahwa semuanya disiapkan untuk pemeriksaan paspor delegasi asing peserta KTT ASEAN.

“Perangkat tersebut dipasang di area kedatangan dan keberangkatan luar negeri, kantor, dan pelabuhan, termasuk ada pula yang dijadikan cadangan,” katanya.

Baca juga: AECC ke-22 bahas peran ASEAN menata dinamika geopolitik-geoekonomi

Hal ini disampaikan ketika dimintai keterangan soal kesiapan Kanwil Kemenkumham NTT bersama UPT Kantor Imigrasi Labuan Manggarai Barat usai meninjau langsung kesiapan tersebut di Bandara Komodo Labuan Bajo, Sabtu siang.

Ia mengecek kesiapan petugas, dukungan perangkat di konter kedatangan, dan keberangkatan, sekaligus mensimulasikan alur pelayanan pemeriksaan keimigrasian.

Baca juga: Pusat media KTT ASEAN menyediakan beragam fasilitas

Bersebelahan dengan konter pemeriksaan Keimigrasian terdapat pameran produk-produk UMKM, seperti suvenir dan tenun ikat khas NTT.

"Secara umum, petugas, sarana, dan prasarana sudah siap di konter pemeriksaan keimigrasian," ujar Marciana.

Dia mengatakan bahwa walaupun puncak KTT ASEAN ke 42 tersebut baru berlangsung pada 9-11 Mei 2023, petugas keimigrasian sudah disiapkan pada H-3 dan akan bekerja hingga 13 Mei 2023.

Hal ini dikarenakan mulai Minggu (7/5) beberapa delegasi sejumlah negara ASEAN sudah mulai berdatangan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo Jaya Mahendra mengatakan bahwa Kanwil Kemenkumham NTT sudah membentuk Tim Pengumandahan Keimigrasian NTT selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN/ASEAN Summit di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

"Ibu Kakanwil Kemenkumham telah membentuk tim yang beranggotakan 30 orang pegawai Kanwil dan UPT Keimigrasian di NTT untuk bertugas memberikan pelayanan keimigrasian kepada para delegasi asing ASEAN Summit 2023," ujar dia.

Untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan ASEAN Summit, dia mengatakan bahwa Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT Marciana Jone secara khusus telah berkantor di Labuan Bajo.

Lewat tim yang telah dibentuk, katanya, maka Kanwil Kemenkumham NTT siap memberikan pelayanan imigrasi kepada para delegasi.

Jaya Mahendra mengatakan bahwa Kantor Imigrasi Labuan Bajo telah menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan Kakanwil NTT guna menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi selama berkantor di Imigrasi Labuan Bajo.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023