Islamabad (ANTARA) - China siap membantu Afghanistan untuk mewujudkan kemandirian, perdamaian, stabilitas, pembangunan, dan kemakmuran sesegera mungkin, demikian disampaikan Anggota Dewan Negara sekaligus Menteri Luar Negeri (Menlu) China Qin Gang pada Sabtu (6/5).

Saat bertemu dengan Amir Khan Muttaqi, pelaksana tugas menteri luar negeri pemerintah sementara Afghanistan di ibu kota Pakistan, Qin mengatakan China dan Afghanistan merupakan tetangga bersahabat tradisional yang dihubungkan oleh pegunungan dan sungai.

Kedua negara saling mendukung, memahami, dan memercayai satu sama lain, ungkapnya, seraya menyatakan bahwa bagaimana pun perkembangan situasi internasional, China akan selalu berdiri teguh bersama rakyat Afghanistan dan mendukung Afghanistan dalam mengupayakan jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya.

Pihak China akan terus menghormati kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas teritorial Afghanistan, serta memperdalam kerja sama dengan Afghanistan di berbagai bidang, kata Qin.

Afghanistan harus sungguh-sungguh memenuhi komitmennya untuk memerangi terorisme, dengan menindak tegas kekuatan teroris, termasuk Gerakan Islam Turkistan Timur, serta memastikan keamanan personel dan institusi China di Afghanistan, ujar menlu China ini.

Dia menyatakan bahwa China akan terus memajukan dialog dan kerja sama trilateral China-Afghanistan-Pakistan berdasarkan prinsip-prinsip konsultasi yang setara, kerja sama dan persahabatan pragmatis, serta saling menguntungkan.

Sementara itu, Muttaqi mengatakan Afghanistan sangat memandang penting pengembangan hubungan dengan China dan tidak akan pernah mengizinkan kekuatan apa pun menggunakan wilayahnya untuk kegiatan anti-China.

Afghanistan berharap dapat memperkuat kerja sama dengan China di bidang-bidang seperti ekonomi, perdagangan, pertukaran antarmasyarakat, serta infrastruktur dalam kerangka Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra guna melindungi kepentingan bersama dan menguntungkan kedua bangsa, tutur Muttaqi.

Dia mengatakan Afghanistan berharap dapat hidup harmonis dengan China, Pakistan, dan negara-negara tetangga lainnya serta bersedia untuk secara aktif mempromosikan kerja sama trilateral dengan China dan Pakistan untuk meningkatkan stabilitas serta kemakmuran kawasan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023