Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan nasional Minggu (7/5) kemarin, mulai dari kesiapan TNI-Polri amankan KTT ASEAN hingga sebuah bus wisata masuk ke sungai di kawasan Objek Wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah.

 

Berikut lima berita hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

 

1. TNI-Polri pastikan kesiapan 91 command center Labuan Bajo

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan kesiapan personel dan peralatan yang tersedia di 91 Command Center untuk pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

 

"Semuanya kita sambungkan dengan Command Center sehingga pergerakan anggota di lapangan sekaligus kegiatan yang ada di lokasi di mana anggota berada bisa kita monitor, agar kita bisa tahu terkait dengan hal-hal yang harus dievaluasi," kata Kapolri Sigit dalam keterangan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu.

Selengkapnya di sini

 

2. Polisi perketat pengawasan Pelabuhan Sepe Bima menjelang KTT ASEAN

Aparat gabungan Polres Kota Bima, Nusa Tenggara Barat bersama TNI meningkatkan pengawasan di wilayah penyangga Pelabuhan Sape menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023.

 

Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Minggu mengatakan pengamanan di sejumlah wilayah tidak hanya dilakukan di Labuan Bajo, namun di sekitar wilayah penyangga terus diintensifkan untuk meningkatkan pengamanan menjelang KTT ASEAN tersebut.

Selengkapnya di sini

 

3. TNI-Polri mitigasi permasalahan saat ASEAN Summit di Labuan Bajo

TNI dan Polri telah mengambil langkah mitigasi berbagai permasalahan yang bisa saja terjadi selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

 

"Harapan kita permasalahan yang ada bisa kita lakukan mitigasi penyelesaiannya seperti apa, tentu kita akan bantu komunikasikan itu terkait hal-hal yang bersifat unjuk rasa dan bagaimana pola penanganan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangannya di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu.

 

Selengkapnya di sini

 

4. TNI dan Polri perkuat sinergi lewat tactical floor game

TNI dan Polri memperkuat sinergi untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur lewat Tactical Floor Game (TFG) gabungan pada dua instansi tersebut.

 

"Semua ini harus memiliki pemahaman yang sama khususnya terkait dengan siapa harus berbuat apa," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangannya di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu.

Selengkapnya di sini

 

5. Kapolres Slawi: Satu korban tewas akibat bus masuk sungai

Kepala Kepolisian Resor Slawi AKBP Mochammad Sajarod Zakun menyebutkan satu korban tewas dan 35 penumpang mengalami luka ringan dan satu luka berat akibat kasus kecelakaan bus masuk sungai di sekitar kawasan Objek Wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu siang.

 

"Perkembangan terakhir ada satu korban meninggal dunia, satu luka berat dan lainnya mengalami luka ringan," katanya saat dikonfirmasi di Tegal, Jawa Tengah, Minggu malam.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023