Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi VI DPR RI Amin AK menyampaikan raihan laba besar Pertamina memberikan dapat yang besar pula untuk negara dan masyarakat karena adanya dividen sebesar Rp13,51 triliun yang disetorkan kepada negara.

“Ketika meraih laba, terdapat bagian laba yang harus disetorkan kepada negara dalam bentuk dividen yang merupakan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Maka semakin besar laba, semakin besar pula kontribusi yang diberikan kepada penerimaan negara. Jadi, bukan hanya Pertamina yang dapat untung, tapi negara dan masyarakat juga mendapat manfaat,” kata Amin di Jakarta, Senin.

Menurut dia, dividen dari perusahaan pelat merah itu dapat digunakan untuk berbagai kegiatan pembangunan nasional dan program kerakyatan, seperti bantuan sosial.

Amin mengajak semua pihak untuk mengapresiasi manfaat nyata dari Pertamina yang masih sedikit diketahui masyarakat itu.

“Kita semua harus akui prestasi tersebut. Capaian tersebut pantas diberi apresiasi,” kata Amin.

Meskipun begitu, ia menilai keberhasilan tidak lepas dari peran serta masyarakat, sebab dengan membeli BBM produk Pertamina, masyarakat sebagai konsumen ikut berkontribusi dalam capaian laba BUMN tersebut.

“Itu di satu sisi dan di sisi berbeda, masyarakat pun akan menerima manfaat dari laba tersebut. Jadi, memang saling mendukung dan berdampak positif pada semua,” kata dia.

Sejalan dengan hal tersebut, Amin berharap ke depan masyarakat bisa terus memberikan dukungan kepada Pertamina melalui konsumsi BBM produk BUMN, sehingga keuntungan Pertamina semakin meningkat.

“Kalau semakin untung, tentu kontribusi yang diberikan untuk negara dan juga manfaat bagi masyarakat akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya, kan? Dan Komisi VI DPR akan terus melakukan pengawasan terhadap Pertamina,” kata dia.

Baca juga: Pertamina raih laba bersih Rp56 triliun pada 2022

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023