Di Kampus UI Depok terdapat 22 lokasi tes, salah satunya di Gedung Klaster Kesehatan (RIK)
Depok, Jabar (ANTARA) - Sebanyak 3.854 peserta mengikuti pelaksanaan Tes Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) 2023 yang berlangsung di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat dan Salemba Jakarta.

Salah seorang Pengelola Lapangan (PJL) Rina Rahmawati, M.Farm., Apt., di Gedung Kompleks Ilmu Kesehatan (RIK) UI, di Depok, Senin mengatakan, panitia menyiapkan lima ruang laboratorium dan 290 unit komputer yang tersebar di Gedung RIK UI.

“Panitia telah melakukan persiapan selama kurang lebih sebulan terakhir dengan beberapa simulasi nasional, maupun uji coba lokal, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Panitia Pusat UTBK UI dan Panitia UTBK Nasional,” katanya.

Di Kampus UI Depok terdapat 22 lokasi tes, salah satunya di Gedung Klaster Kesehatan (RIK). Para peserta terlihat mulai memadati RIK UI sejak pukul 06.00 WIB pagi. Sebelum peserta memasuki ruang ujian, panitia pelaksana memberikan pengarahan tentang tata cara dan ketentuan memasuki ruang ujian.

Selain itu panitia juga sudah melakukan antisipasi dalam mencegah terjadinya kecurangan dengan menyampaikan informasi kepada seluruh peserta sebelum memasuki ruangan. Ini termasuk barang-barang yang tidak dapat digunakan atau dibawa selama tes.

Kemudian sebelum peserta memasuki ruangan, panitia melakukan pemeriksaan menggunakan metal detector untuk memastikan semua peserta mengikuti tata tertib yang berlaku.


Ia menjelaskan bahwa panitia RIK UI telah bekerja sama dengan tim pendukung lainnya, seperti kelistrikan, keamanan, kebersihan dan Tim Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) UI yang berjumlah 18 orang.

Hal ini, kata Rina Rahmawati,  untuk mengantisipasi jika ada peserta yang tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan saat menjalani tes. Panitia akan segera berkoordinasi agar dapat diberikan penanganan lebih lanjut.

Peserta tes di Kampus Depok,  Naurah Firdausy Anbar mengaku senang dan lega bisa lolos untuk mengikuti tes hari ini. Sehari sebelum tes dimulai, dia melakukan survei lokasi. 


“Saya tidak menyangka UI seluas dan sebagus ini dengan lahan yang hijau dan bersih,” katanya.

Menurutnya, atas saran orang-orang terdekatnya, ia memilih Prodi Psikologi. Untuk itu, ia mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes, salah satunya dengan mengalokasikan waktu minimal tiga jam per hari untuk mempelajari materi tes UTBK tahun ini dan mengikuti berbagai try out di beberapa lembaga bimbingan belajar untuk meningkatkan kemampuannya dalam menjawab soal.

“Hidup hanya sekali, masa depan harus cerah, jadi saya sangat berharap bisa lulus dan menjadi mahasiswa di UI,” demikian Naurah Firdausy Anbar .


Baca juga: UI menyiapkan tempat ujian bagi 53.293 peserta UTBK-SNBT 2023

Baca juga: 35 peserta difabel hadiri UTBK UI 2022

Baca juga: Pusat UTBK UI menyelenggarakan tes dengan protokol kesehatan yang ketat

Baca juga: UI menerima 1.676 mahasiswa baru melalui UTBK SBMPTN 2022

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023