Jakarta (ANTARA) - LandX telah melakukan rebranding atau pembaharuan merk menjadi Indonesia Crowdfunding Exchange (ICX) yang berinovasi guna memperkuat pendanaan perusahaan rintisan (startup) Indonesia.

Founder ICX ,Andika Sutoro mengatakan, proses rebranding tersebut dilakukan sekaligus untuk penguatan komitmen serta inovasi untuk berkontribusi memajukan perekonomian Indonesia dari aspek pendanaan startup.

ICX melakukan inovasi dengan melebarkan sektor pendanaannya. Jika sebelumnya LandX lebih berfokus pada penggalangan modal untuk sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), ICX berinovasi untuk merambah ke sektor pendanaan startup dan holdings.

“Pembaruan yang dilakukan LandX menjadi ICX bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas crowdfunding, yang kita melakukan penggalangan dana usaha di sektor UKM, melalui ICX kita juga akan melakukan penggalangan dana usaha untuk perusahaan rintisan dan juga holdings,” kata Andika di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, Direktur Utama ICX Romario Sumargo menjelaskan, ICX juga berinovasi memberikan dukungan dan sumber daya tambahan bagi startup yang bermitra dengan platform mereka. Andika memberikan contoh, meliputi program mentorship dari para ahli industri terkait, para pemangku kepentingan terkait atau stakeholder, serta akses terhadap sumber daya yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis.

“Dengan menyediakan dukungan menyeluruh, ICX ingin memastikan perusahaan rintisan yang didanai melalui platform mereka memiliki fondasi yang kuat untuk sukses dan berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Romario.

Romario mengatakan, sebagai perusahaan modal ventura, saat ini ICX telah bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menjadi sebuah komitmen bagi ICX untuk memberikan layanan yang lebih aman dan transparan bagi para investor dan startup di Indonesia.

“Kami terus memegang kepercayaan yang diberikan kepada LandX seabgai platform Securities Crowdfunding yang proses seleksinya sangat ketat dan tegas,” pungkasnya.

Baca juga: Tingkatkan Layanan, LandX Siap Bantu dan Perkuat Perusahaan Startup Indonesia
Baca juga: LandX kenalkan fitur baru untuk tingkatkan kepercayaan investor
Baca juga: LandX gandeng Moka untuk bantu UMKM jalankan usahanya
Baca juga: Platform LandX salurkan urun dana Rp158 miliar untuk UKM


Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023