Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin berjanji akan meningkatkan kualitas sekolah dan berobat gratis yang dilaksanakan selama ini.

"Program sekolah dan berobat gratis yang dilaksanakan itu akan dievaluasi dan mutunya akan ditingkatkan," kata gubernur saat melaksanakan kunjungan kerja di Desa Singapura, Kecamatan Kikim, Kabupaten Lahat, Jumat.

Bahkan, ujar dia, sekolah gratis itu nantinya akan ditingkatkan hingga ke perguruan tinggi.

Dalam menunjang program tersebut Pemprov Sumsel telah menyediakan beasiswa kepada pelajar yang berprestasi untuk melanjutkan belajar ke perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri.

Menurut dia, selain itu pada 2012 pihaknya juga membangun rumah singgah juga asrama mahasiswa di Kairo, Mesir untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Tidak hanya itu Sumsel kini menjadi salah satu provinsi terdepan di Indonesia dalam pembangunan, katanya.

Menurut dia, sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan antara lain berbagai kejuaraan olahraga tingkat nasional dan internasional.

Sumsel juga memiliki asrama haji terbaik di Indonesia sehingga daerah ini sudah menjadi perhatian nasional.

Begitu juga program berobat gratis sudah banyak pasien dirujuk ke rumah sakit di Jakarta untuk berobat yang dibiayai Pemprov Sumsel.

Sementara pemuka masyarakat Desa Singapura M Sukun mengatakan, program yang dilaksanakan gubernur amat dibutuhkan masyarakat.

Sebab program itu banyak meringankan beban masyarakat sehingga Gubernur H Alex Noerdin harus melanjutkan kembali kegiatan yang mengutamakan kebutuhan masyarakat tersebut.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel memberikan bantuan desa, masjid sebesar Rp30 juta, susu untuk siswa SD, rebana, pompa air dan empat unit genset. (U005/I016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013