Phnom Penh (ANTARA) - Power bank memang menjadi kebutuhan bagi mereka yang beraktifitas menggunakan perangkat seperti telepon seluler, namun jika berada di komplek Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja di mana sejumlah cabang olahraga SEA Games 2023 digelar, anda harus waspada.

Saat memasuki komplek olahraga yang berada di tengah kota Phnom Penh, pemeriksaan ketat dilakukan oleh petugas bahkan dengan alat pemindai. Dan sasarannya adalah power bank yang di bawa oleh masyarakat yang akan menonton pertandingan terutama sepak bola dan bola voli.

Saat ditemukan power bank, petugas langsung memintanya dan menjajar dengan rapi tidak jauh dari lokasi pemeriksaan. Uniknya, tidak ada bukti penitipan bagi mereka terutama masyarakat lokal yang terpaksa harus meninggalkan power banknya.

Tidak hanya puluhan, ratusan power bank dengan berbagai ukuran berhasil disita oleh petugas. Jelas, kondisi ini kurang menguntungkan bagi mereka yang aktif bermedia sosial karena bakal terganggu dalam memenuhi kebutuhan baterainya.

"Ayo kita tunggu bagaimana proses ngambilnya. Mereka titip power bank tapi tidak ada bukti pemilikan atau penitipan," kata salah satu wartawan asal Indonesia, Adimaja yang saat itu meliput Timnas Garuda Muda melawan Timor Leste, Minggu (7/5).

Setelah menunggu beberapa lama, sejumlah masyarakat yang sebelumnya menonton pertandingan mengambil power bank yang dititipkan. Apesnya dua orang yang ada mengambil power bank dengan model dan merk yang sama. Perdebatanpun sempat terjadi, namun petugas yang berasal dari kepolisian setempat bergerak cepat untuk menyelesaikannya.

Beberapa saat kemudian datang pasangan suami istri dan anaknya. Mereka datang dan menunjuk power bank miliknya. Petugas pun langsung memberikan tanpa basa-basi. Namun pasangan ini tetap tertib dengan menunjukkan foto saat menaruh power bank.

Jika dilihat kondisi di lapangan, sistem kepercayaan begitu kuat antara penonton yang menitipkan power bank dengan petugas. Hal ini dibuktikan tidak begitu ada gejolak saat pengambilan meski datang hampir bersamaan.

Sebenarnya pemeriksaan ketat juga dilakukan di sejumlah lokasi pertandingan SEA Games 2023 Kamboja. Selain power bank, sasaran lain saat pemeriksaan adalah korek api dan rokok.

Baca juga: Serba-Serbi SEA Games 2023 - Berburu durian Kamboja
Baca juga: Serba tiga di emas bola voli putra SEA Games Kamboja

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023