UMKM merupakan ujung tombak dari fondasi ekonomi Indonesia
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir memperkenalkan UMKM Indonesia ke dunia internasional lewat SME's Hub yang merupakan rangkaian kegiatan pendukung dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"UMKM merupakan ujung tombak dari fondasi ekonomi Indonesia. Oleh karena itu Kementerian BUMN dan kementerian/lembaga lainnya bersinergi untuk fokus pada pembinaan, pasar (target market) dan pembiayaan," kata Erick dalam keterangan resmi yang diterima di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa malam.

Sebanyak 50 pelaku UMKM terlibat dalam proses kurasi yang sangat ketat untuk dipamerkan dalam SME's Hub di kawasan Waterfront City Labuan Bajo.

Dari jumlah tersebut, ada 10 pelaku UMKM lokal, sedangkan sisanya merupakan UMKM binaan dari Rumah BUMN dan kementerian lainnya.

Dalam pameran SME's Hub tersebut, ada banyak produk yang dijual baik makanan, minuman, kriya, tenun dan lainnya.

Baca juga: Menparekraf sebut produk UMKM Labuan Bajo sudah siap dipasarkan

Baca juga: Menparekraf harap kehadiran hotel berbintang peluang kerja warga lokal


SME's Hub sendiri dibuka pada tanggal 9 sampai 11 Mei 2023 yang dikhususkan untuk para delegasi negara-negara ASEAN. Selanjutnya SME's Hub terbuka untuk umum mulai tanggal 12 dan 13 Mei 2023.

Dalam kunjungannya, Erick Thohir bertemu langsung dengan para pelaku UMKM peserta SME’s Hub.

Erick mengungkapkan SME's Hub merupakan bukti bahwa BUMN siap untuk mendorong UMKM Go Global dengan pendampingan dan pembiayaan, termasuk melalui pembinaan dari Rumah BUMN.

"BUMN dengan bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) fokus pada pembiayaan. Ditambah lagi PNM Mekaar dengan 149.000 nasabah yang dibina di Flores juga terlibat," ucapnya.

Lebih lanjut Erick mengungkap bahwa UMKM yang terlibat di SME's Hub saat ini tidak kalah saing dari produk komersial lainnya.

"Bahkan ada UMKM kita yang sudah menembus pasar Eropa dan dipasarkan di Itali," katanya bangga.

Melihat tingginya antusiasme pengunjung, Erick Thohir yakin SME’s Hub dapat membantu UMKM untuk meningkatkan daya saing sekaligus membuka akses pasar global sehingga bisa mendorong UMKM tanah air mendunia.

Adapun SME's Hub juga dimeriahkan oleh penampilan seni, stand up comedy, kuliner, pelatihan sustainability, dan acara menarik lainnya.

Baca juga: Menteri BUMN beli kain tenun pewarna alami asal Kabupaten Sikka

Baca juga: Menteri BUMN sebut ada sinergi dengan pemerintah daerah majukan UMKM

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023