Kalau bisa Pemprov menggandeng LSM dan organisasi masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Legislator DKI menilai organisasi masyarakat (Ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) harus digandeng oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov DKI) untuk kampanye program uji emisi

"Kalau bisa Pemprov menggandeng LSM dan organisasi masyarakat untuk mengampanyekan kampanye uji emisi kendaraan," kata Anggota DPRD komisi D, Nurhasan, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Menurut Nurhasan, rendahnya kesadaran masyarakat akan emisi karbon disebabkan karena sosialisasi yang kurang dari Pemprov.

Hal tersebut berimbas pada kurangnya minat masyarakat untuk melakukan uji emisi kendaraan ke bengkel resmi atau bengkel yang bekerjasama dengan pemerintah kota setempat.

Nurhasan melanjutkan, sosialisasi yang bisa dilakukan Pemprov DKI dapat melalui berbagai hal seperti media sosial dan penyuluhan ke lingkungan warga Ormas.

Baca juga: DKI kaji kembali penerapan tilang kendaraan tidak uji emisi

"Pemprov DKI juga bisa kerja sama dengan kepolisian agar setiap warga yang mengurus surat kendaraan diimbau untuk melalui uji emisi," jelas dia.

Selain itu, kegiatan uji emisi gratis juga bisa dilakukan secara berkala di tempat keramaian seperti jalan protokol dan lokasi wisata.

Dengan upaya tersebut, dia berharap program wilayah rendah emisi yang sempat digaungkan Pemprov DKI bisa maksimal.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah merilis aplikasi E-Uji Emisi yang dapat diunggah melalui Playstore.

Dalam aplikasi tersebut masyarakat yang masih bingung tempat untuk melakukan uji emisi, aplikasi tersebut akan mengarahkan bengkel terdekat melalui menu bengkel uji emisi yang disesuaikan dengan domisili pemilik kendaraan.

Baca juga: Sudin LH Jakbar uji emisi kendaraan operasional Kecamatan Grogpet

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai menu pilihan yang memudahkan para konsumen seperti sejarah uji emisi dari kendaraan milik warga dengan memasukkan nomor seri kendaraan, bengkel yang terdaftar di setiap wilayah, cek hasil uji emisi, pendaftaran bengkel informasi hingga pendaftaran kendaraan.

Kendati demikian. aplikasi ini hanya mendukung bengkel-bengkel untuk kendaraan roda empat saja belum masuk ke ranah kendaraan roda dua.

Untuk semakin memudahkan masyarakat, berikut ringkasan bengkel-bengkel di setiap wilayah yang menyediakan uji emisi kendaraan:

PT Pegasus, Fontana Indah Motor, Shop & Drive Benhil, Tunas Toyota Pecenongan, Prabu motor, Honda Jakarta Center, Auto 200 Letjen Suprapto, Kios Uji Emisi Auto Bless, PT Auto Service Astra International,  TBK-DSO Auto 2000 Salemba, PT Sun Star Prima Motor Cempaka Putih dan Honda Cakra Pangungkir.

Juga Auto 2000 Garuda, Nawilis, PT Nusantara Berlian Motor, PT Dipo Internasional Pahala, PT IKM honda Hasyim Ashari dan PT Advance Analytics Asia Laboratories.

Baca juga: Sudin LH Jakbar periksa kelayakan 34 bengkel yang layani uji emisi

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023