Denpasar (ANTARA) - Klub sepak bola profesional Indonesia, Bali United akan menghadapi laga uji coba melawan Persebaya Surabaya pada Minggu (28/5) untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-730 Kota Surabaya.

"Kabar bagus Bali United bisa main lawan Persebaya. Uji coba ini tentu buat persiapan tim agar melihat kondisi fisik, teknik dan taktik dari pemain setelah menjalani waktu libur," kata pelatih kepala Bali United Stefano Cugurra melalui laman resmi di Denpasar, Rabu.

Pertandingan uji coba melawan Persebaya itu, kata dia, juga sebagai bentuk persiapan sebelum bertanding melawan PSM Makassar pada babak play-off dalam menentukan satu tempat untuk wakil Indonesia di Liga Champions Asia 2023/2024.

Ia menilai satu kali laga uji coba akan memudahkan persiapan Bali United jelang bertemu PSM Makassar.

Baca juga: Bali United segera racik program latihan usai adanya jadwal hadapi PSM

Tak hanya itu, uji coba melawan skuad Surabaya itu juga menjadi ajang pemanasan setelah Serdadu Tridatu itu menjalani latihan perdana Senin (15/5) di Pemusatan Latihan di Pantai Purnama, Gianyar, Bali

Pelatih asal Brazil itu mengakui Skuad Bajul Ijo adalah salah satu tim kuat yang berada di Liga 1 dan menaruh hormat dengan skuad asuhan Aji Santoso tersebut.

Meski begitu, pelatih yang kerap disapa Coach Teco mengatakan tempat pertandingan di laga itu juga masih menunggu konfirmasi dari manajemen Persebaya.

Melalui surat yang telah diterima Bali United, tempat pertandingan masih tertulis di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Padahal, Stadion GBT belum bisa digunakan lantaran masih dalam tahap finalisasi renovasi yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang saat itu rencananya digunakan sebagai salah satu tempat Piala Dunia U20 2023 yang akhirnya batal diadakan di Indonesia.

Baca juga: Teco minta pemain lokal Bali United unjuk kemampuan terbaik

Meski begitu, Coach Teco yang memulai karier di Indonesia dari Persebaya itu tetap mendukung langkah tim tersebut dalam laga uji coba.

Bahkan Teco memberikan solusi untuk kembali memakai Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik yang dijadikan markas Persebaya putaran kedua musim lalu.

"Waktu (Stadion GBT) tidak bisa dipakai, mungkin Persebaya bisa pakai Stadion (Gelora Joko Samudro) Gresik di Liga 1 musim lalu," kata pelatih yang mengoleksi tiga trofi Liga 1.

Sementara itu,  pertandingan babak play off melawan PSM Makassar akan berlangsung secara kandang dan tandang.

Jadwal pertandingan putaran pertama melawan PSM Makassar akan berlangsung pada Jumat (9/6) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Kemudian jadwal laga putaran kedua akan dilaksanakan pada Rabu (14/6) di Stadion B.J Habibie, Parepare Sulawesi Selatan.

Pemenang dari play-off ini akan mendapatkan slot mewakili Indonesia bermain di Liga Champions Asia (AFC Champions League) 2023/2024 dan klub yang kalah mendapatkan slot berlaga di Piala AFC 2023/2024.

Baca juga: Pelatih Bali United usul tambah kompetisi siasati pemain asing

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023