Pemain lokal harus mampu bersaing di dalam tim buat dapat posisi inti
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Bali United Stefano 'Teco' Cugurra meminta para pemain lokal menunjukkan kemampuan terbaiknya meski ada wacana penambahan kuota legiun asing pada Liga 1 Indonesia musim 2023/24.

Dikutip dari situs resmi klub, Selasa, Teco menegaskan pemain lokal harus siap bersaing untuk mendapatkan satu tempat utama di dalam tim.

Salah satu cara yang bisa dilakukan menurut Teco adalah menampilkan kemampuan terbaiknya dan berusaha semaksimal mungkin ketika sesi latihan agar pelatih mempunyai pertimbangan untuk menurunkan pemain tersebut pada pertandingan resmi.

"Pemain lokal harus mampu bersaing di dalam tim buat dapat posisi inti. Semua tergantung dari kualitas pemain asing dan pemain lokal buat pelatih bisa memutuskan skuad utama dalam tim," jelas Teco.

Baca juga: Bali United segera racik program latihan usai adanya jadwal hadapi PSM

Diketahui kini PSSI tengah membahas wacana penambahan kuota pemain asing dari 3 (bebas) +1 (Asia) menjadi 4+1 atau 5 +1 pada kompetisi musim depan.

Teco menyambut baik wacana tersebut karena hal ini menyesuaikan dengan regulasi AFC dan Liga 1 agar bisa lebih bersaing di kompetisi kancah Asia.

Meski begitu, pelatih asal Brazil itu mengakui regulasi ini akan mengurangi kuota pemain lokal dalam skuad tim yang berkompetisi di musim mendatang.

"Waktu regulasi pemain asing di Liga 1 sama dengan AFC pasti akan lebih bagus ketika ada tim yang bermain di kompetisi Asia. Memang akan mengurangi 2 kuota buat pemain lokal dibandingkan musim liga 1 sebelumnya," jelas Teco.

Baca juga: Pelatih Bali United nantikan kejelasan regulasi pemain asing

Saat ini skuad Serdadu Tridatu masih memiliki tiga pemain asing yaitu Privat Mbarga (bebas), Eber Bessa (bebas) dan Brwa Nouri (Asia).

Sebelumnya Bali United memilih untuk tidak melanjutkan kerja sama dengan bek asal Brazil Wellington Carvalho yang didatangkan pada paruh musim lalu menggantikan Willian Pacheco.

Jika pada akhirnya regulasi pemain asing benar berubah, maka Bali United masih memiliki dua atau tiga tempat yang dapat ditambah untuk mengarungi kompetisi musim 2023/24.

Baca juga: Teco tanggapi rumor kepindahan Jaimerson Xavier ke Bali United

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023