Jakarta (ANTARA News) - Kebijakan pemerintah untuk menaikkan tarif cukai hasil tembakau adalah tindakan terbaik bagi semua pihak, menurut Direktur Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA), Bungon Ritthiphakdee.

"Cukai hasil tembakau yang ditingkatkan, dapat digunakan untuk pengendalian tembakau," ujar Bungon pada jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Bungon menyatakan bahwa cukai hasil tembakau yang ditingkatkan, lambat laun akan membuat orang yang tidak mampu membeli rokok akan berhenti dengan sendirinya.

"Dengan begitu, orang akan memiliki gaya hidup yang lebih sehat dan jelas menguntungkan negara karena mereka akan lebih produktif," jelas Bungon.

Lebih lanjut Bungon juga mengatakan bahwa biaya kesehatan yang harus dikeluarkan oleh negara untuk mengobati penyakit akibat merokok, jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan dengan uang yang dihabiskan untuk mengkonsumsi rokok.

"Negara yang harus menutupi biaya kesehatan masyarakat, padahal uang yang digunakan untuk membeli rokok sebagian besar masuk ke kantong industri rokok, bukan untuk pemerintah dan rakyat," imbuh Bungon.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013