Momentum ini akan meningkatkan kredibilitas untuk dapat melakukan hubungan diplomatik yang mumpuni di akhir masa jabatan
Surabaya (ANTARA) - Komunikolog Indonesia memuji peran Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Anggota Komunikolog Indonesia asal Universitas Airlangga, Dr. Suko Widodo di Surabaya, Kamis mengatakan kinerja dan citra Presiden Jokowi pada KTT ASEAN akan meningkatkan kenegarawanan dan membawa nama baik Indonesia.

"Momentum ini akan meningkatkan kredibilitas untuk dapat melakukan hubungan diplomatik yang mumpuni di akhir masa jabatan," ucap Suko.

Komunikolog asal Universitas Indonesia Effendi menyebut peran Jokowi dalam KTT ASEAN 2023 ini sebagai kerja-kerja cerdas.

Baca juga: Jokowi ajak ASEAN tindak tegas pelaku perdagangan manusia

Baca juga: Jokowi nilai suasana di atas kapal pinisi gambarkan karakter ASEAN


"Sudah beberapa bulan ini seluruh rakyat kangen melihat Bapak Presiden yang berdiri mewakili seluruh bangsa Indonesia. Belakangan memang ada kesan presiden kita banyak terbawa-bawa menjawab pertanyaan soal koalisi capres-cawapres," ujar dia.

"Semoga sebentar lagi sesudah KTT ASEAN, ada makan siang atau acara minum teh bersama antara Presiden Jokowi dengan seluruh ketua umum partai," tuturnya.

Komunikolog asal Universitas Hasanuddin Makassar Hasrullah menilai Presiden Jokowi tepat memilih Phinisi karena kapal dari Bulukumba, Sulawesi Selatan itu lahir, kompas dan setiap biduk-nya tak pernah salah mengantar kapten menuju dermaga dan berlayar melayani ombak samudera.

"Jokowi sebetulnya bisa lebih banyak meluangkan waktu memainkan peran sebagai negarawan di tingkat dunia," katanya.

Komunikolog LSPR Iwel Sastra, juga memuji peran Jokowi di KTT ASEAN sebagai kerja cerdas.

Baca juga: ASEAN tingkatkan kerja sama, kurangi ketegangan kawasan

Baca juga: Presiden Jokowi : ASEAN sepakat bangun ekosistem kendaraan listrik


Sementara Usman Watik, komunikolog yang aktif di Muhammadiyah dan direktur "Leader of Indonesia" UMJ menyatakan kinerja Jokowi di KTT ASEAN dapat menunjukkan betapa para menteri juga seharusnya lebih fokus mengurus bangsa.

Komunikolog Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing sependapat bahwa KTT ASEAN menjadi oase kerinduan bangsa Indonesia.

"Seakan kita semua disajikan kesegaran komunikasi politik. Saya setuju dengan Effendi Gazali, semoga segera sebentar lagi Bapak Jokowi minum teh dengan seluruh ketua parpol membicarakan peran internasional yang bisa dimainkan Indonesia di tingkat global," tuturnya.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023